Jayapura (ANTARA) - Atlet menembak Nourma Try Indriani menambahkan koleksi medali emas bagi kontingen tuan rumah dari nomor 10 meter running target putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Indriani meraih poin 526 dalam perlombaan yang berlangsung di Lapangan Menembak Indoor Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Senin.

Indri unggul 21 poin atas wakil Kalimantan Selatan Feny Bachtiar yang mengumpulkan poin 505 dan berhak atas medali perak nomor running target putri itu.

Sementara atlet putri Sumatera Selatan Hence Meiske mendapatkan medali perunggu dengan perolehan poin 498.

"Target saya memang medali emas, tapi tadi hampir lolos karena ada masalah pada mesin sasaran tembak. Dua kali mesin itu bermasalah sehingga konsentrasi saya sempat buyar," kata Indri.

Atlet berusia 31 tahun itu mengaku baru kali pertama mengikuti PON karena nomor running target baru pertama dilombakan dalam cabang menembak kejuaraan multicabang olahraga nasional itu.

"Nomor running target sebenarnya sudah ada sejak 1990-an. Tapi, baru kali ini nomor ini dilombakan dalam PON. Sebelumnya hanya di kejurnas atau malah kejuaraan internasional," katanya.

Indri mengaku telah menjalani latihan sebelum PON di Jakarta, karena dia juga merupakan atlet pemusatan latihan nasional (pelantas) untuk mengikuti SEA Games 2022 di Vietnam.

"Saya memang diikutkan pelatnas untuk SEA Games Vietnam. Tapi, sampai sekarang belum ada kabar apakah akan diundur atau masih sama tanggal pelaksanannya," kata atlet yang juga telah menyelesaikan pendidikan Strata-2 di Universitas Negeri Jakarta itu.

Hingga perlombaan Senin, tim Papua telah mengoleksi tujuh medali emas, lima medali perak, dan dua medali perunggu.

Tujuh medali emas itu dipersembahkan oleh Andreas Yunut Boky pada nomor double trap individu putra, dan Indirani pada nomor 10 meter running target putri. Sedangkan empat emas lain berasal dari nomor beregu yaitu trap beregu putra, trap beregu putri, double trap beregu putra, double trap beregu putri, dan 300 meter standard riffle beregu putra.

Kemudian, Slamet Riadi pada nomor trap individu putra dan double trap individu putra, Sarmunah pada nomor trap individu putri, Fany Febriana Wulandari pada double trap individu putri, dan Farid Prayuda pada 50 meter rifle 3 position individu putra masing-masing mengoleksi medali perak.

Medali perunggu diraih Andreas Yunut Boky pada nomor trap individu putra, serta dari nomor beregu 50 meter rifle 3 position putra.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2021