PON Papua

Tuan rumah lolos ke semifinal bola tangan PON Papua

Tuan rumah lolos ke semifinal bola tangan PON Papua

Pelatih bola tangan putri Papua Joni Seprianus Sir (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

Mimika (ANTARA) - Tim bola tangan putri Papua memastikan diri ke babak semifinal Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua setelah mengalahkan tim Kalimantan Timur 20-18 dalam laga pamungkas babak penyisihan di GOR Futsal Mimika, Papua, Senin.

Pada babak pertama, Papua sudah melesat dengan 11 gol, sedangkan Kalimantan Timur menyarangkan sembilan gol.

Lalu pada babak kedua, Kalimantan Timur berusaha mengejar tetapi tidak mampu mengungguli tuan rumah sampai skor berakhir dengan selisih dua gol untuk kemenangan Papua.

Anjela dan Syeren mencetak gol terbanyak Papua dengan lima gol, sementara gol terbanyak yang dibuat Kalimantan Timur berasal dari Fitri yang mencetak empat gol.

Pelatih bola tangan putri Papua Joni Seprianus Sir bersyukur tim asuhannya bisa menampilkan performa terbaik sehingga melenggang ke semifinal.

"Banyak puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Anak-anak menampilkan performa yang luar biasa," kata dia.

Baca juga: Jadwal bola tangan: Delapan tim tuntaskan babak penyisihan

Papua menempati Grup A Putri bersama Kalimantan Timur dan Jawa Timur. Ketiga tim sama-sama meraih dua poin yang didapatkan dari kemenangan dalam laga penyisihan.

Namun, Jawa Timur teersingkir karena kalah selisih gol, sementara Papua menjejak semifinal bersama Kalimantan Timur.

Di Grup B Putri, Jawa Barat dan DKI Jakarta sudahb mengantongi dua poin sehingga tinggal menunggu hasil laga terakhir penyisihan lainnya untuk menentukan tim yang lolos ke semifinal.

Pertandingan bola tangan PON Papua berlangsung mulai 9 sampai 14 Oktober 2021 dengan diikuti stujuh provinsi yang meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Sumatra Barat, dan Papua.

Namun, Sumatera Barat tidak mengirimkan delegasi dalam nomor bola tangan putri, sebaliknya Jawa Timur tidak mengirimkan wakilnya dalam nomor bola tangan putra.

Baca juga: Pelatih bola tangan putri Papua puji anak asuhnya meski kalah

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

PBVSI Kepri mulai jaring atlet PON XXI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar