GMPI-Akparti Genlik Kollar Turki jalin kerja sama bidang kepemudaan

GMPI-Akparti Genlik Kollar Turki jalin kerja sama bidang kepemudaan

Pimpinan Pusat Generasi Muda Pembangunan Indonesia (GMPI) bersama Akparti Gençlik Kolları, Organisasi pemuda partai politik AK Parti Turki sepakat untuk menjalin kerjasama di bidang kepemudaan.  (ANTARA/HO-GMPI)

Jakarta (ANTARA) -
Pimpinan Pusat Generasi Muda Pembangunan Indonesia (GMPI) bersama Akparti Gençlik Kolları, Organisasi pemuda partai politik AK Parti Turki, sepakat untuk menjalin kerja sama di bidang kepemudaan.
 
Ketua Umum PP GMPI Achmad Baidowi dalam keterangannya diterima di Jakarta, Senin, menyebutkan kesepakatan tersebut tercapai dalam pertemuan bersama Vice Chairman, Youth Branch, Head of Foraign Affairs AK Parti Muhammed Abdullah Onus dan anggota MKYK Cemal Oğuz Kılıç.
 
Pertemuan digelar di Kantor AK Parti Istanbul, Turki. Dalam pertemuan selama 1 jam tersebut, kata dia, membahas rencana konferensi organisasi pemuda partai berbasis agama se-dunia.
 
"Kunjungan kami ke AK Parti untuk memperkuat jaringan internasional sesama pemuda partai. Dalam lawatan tersebut, dibahas sejumlah hal terkait pemberdayaan pemuda di bidang politik, pendidikan, dan ekonomi," kata Achmad Baidowi.

Baca juga: Fraksi PPP DPR minta aparat hukum jamin keamanan warga Yahukimo
 
Pria yang akrab disapa Awiek ini mengatakan PPP dan AK Parti sama-sama partai di koalisi pemerintahan di negaranya masing-masing sehingga keduanya memiliki kesamaan visi pembangunan keumatan.
 
"Indonesia mayoritas berpenduduk Muslim, begitupun dengan Turki. Kesamaan ini memudahkan kerja sama kedua negara," kata Awiek.
 
Dia mengatakan dalam kerja sama pendidikan dimungkinkan kedua organisasi untuk bertukar informasi mengenai studi lanjut di kedua negara sehingga GMPI dan AK Parti sama-sama bisa memfasilitasi informasi bagi pelajar yang hendak studi.
 
Bidang politik, lanjut Awiek, dimungkinkan untuk kerja sama dalam kegiatan webinar maupun konferensi internasional. Salah satu gagasan yang muncul adalah konferensi sayap pemuda partai berbasis agama di dunia.

Baca juga: PPP Jakarta harapkan tempat ibadah kembali dibuka seperti biasa

"Jadi, partai-partai berbasis agama di dunia yang memiliki sayap kepemudaan bisa bergabung dalam konferensi ini," ucap Sekretaris Fraksi PPP DPR RI ini.
 
Kemudian bidang ekonomi, lanjutnya, dibahas mengenai kemungkinan kerja sama pengembangan ekonomi pesantren.
 
Muhammad Abdullah menyambut baik kunjungan Ketum PPP GMPI. Ia berharap silaturahim berlanjut kerja sama, di antaranya pertukaran pemuda antarkedua negara dan konsolidasi program kepemudaan partai.
 
"Kami menyambut baik kunjungan Ketum GMPI. Semoga kami juga nanti bisa berkunjung ke Jakarta," ujar Abdullah.

Baca juga: PPP tidak setuju usulan pemerintah terkait waktu Pemilu 2024
 
Semula, pertemuan direncanakan di Kantor AK Parti Ankara. Namun karena keterbatasan waktu, pertemuan dipindah ke Istanbul.
 
Selain dengan AK Parti, GMPI menjajaki kerja sama dengan sayap pemuda PAS Malaysia, sayap pemuda PKR Malaysia, dan beberapa lainnya.
 
Diketahui, AK Parti merupakan partai politik di Turki. Partai yang didirikan pada 14 Agustus 2001 ini di bawah kepemimpinan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wapres: Parpol hendaknya menjadi kemaslahatan bangsa, bukan kepentingan tertentu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar