Gubernur Jatim Khofifah ziarah makam Bung Karno

Gubernur Jatim Khofifah ziarah makam Bung Karno

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kedua Kiri) memanjatkan doa di pusara Makam Presiden Soekarno usai upacara ziarah jelang peringatan HUT Jawa Timur ke-76 di Kota Blitar, Jawa Timur, Senin (11/10/2021). Selain menggelar upacara ziarah jelang HUT Jatim ke-76 yang jatuh pada Selasa (12/10/2021) besok, Gubernur Khofifah juga memberikan santunan kepada sejumlah anak yatim, dan memberikan bantuan kepada pengayuh becak di kawasan wisata Makam Presiden Soekarno. ANTARA FOTO/Irfan Anshori

Blitar (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan ziarah ke makam presiden pertama Indonesia Soekarno di Kota Blitar, sekaligus napak tilas perjuangan Bung Karno (sapaan akrab Soekarno) dalam rangka rangkaian peringatan Hari Jadi Ke-76 Provinsi Jatim.

Gubernur Khofifah setelah ziarah di makam Bung Karno, Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Senin, mengatakan bahwa dalam pembangunan daerah masyarakat harus meneladani perjuangan pahlawan pendiri bangsa Indonesia. Selain itu, jejak keteladanan pengorbanan dan perjuangan pahlawan juga harus menjadi pemantik semangat perjuangan membangun Jawa Timur.

"Kalau biasanya kita diajarkan bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghormati dan menghargai jasa para pahlawan, maka saya ingin tambahkan yaitu mengikuti jejak teladan, pengorbanan dan perjuangan pahlawan," katanya.

Dalam kunjungannya tersebut, Gubernur Jatim juga didampingi jajaran Forkopimda Jawa Timur. Selain itu, hadir juga Wali Kota Blitar Santoso dan jajarannya serta Bupati Blitar Rini Syarifah.

Baca juga: Khofifah : 32 kabupaten/kota di Jatim masuk level 1 asesmen Kemenkes
Baca juga: Khofifah melakukan ziarah ke Makam Gubernur Pertama Jatim
Baca juga: Gubernur Jatim anjurkan beli batik asli


Dalam kesempatan itu, Gubernur Khofifah mempimpin prosesi upacara ziarah.  Ziarah ke makam Bung Karno tersebut diikuti oleh Ketua DPRD Provinsi Jatim, Kapolda Jatim yang diwakili oleh Dirbinmas Polda Jatim dan Pangdam V Brawijaya yang diwakili Kakasdam V Brawijaya, Kaskoarmada II Surabaya, Plh. Sekdaprov Jatim serta para pimpinan Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim.

Ziarah tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat karena masih pandemi COVID-19. Hanya beberapa orang yang diizinkan masuk ke dalam pusara Makam Bung Karno.

Setelah prosesi upacara selesai dilangsungkan dengan tabur bunga yang juga diikuti jajaran forkopimda. Doa bersama juga dilakukan di area makam.

Sementara itu, setelah ziarah selesai, Gubernur Khofifah juga memberikan bantuan sosial kepada anak-anak yatim, juru kunci makam Bung Karno, penarik becak, pedagang serta masyarakat yang ada di sekitar lokasi makam.

Bantuan yang diberikan adalah paket bahan pokok yang berisi beras, gula pasir, minyak goreng goreng, telur ayam, sarden ikan, mi instan serta uang tunai.

Sebelumnya, pada Minggu (10/10) kegiatan serupa yakni ziarah juga dilakukan di makam pahlawan nasional Gubernur Soerjo di Kabupaten Magetan. 

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar