Tenis

Svitolina kalahkan Cirstea, Swiatek ke babak keempat Indian Wells

Svitolina kalahkan Cirstea, Swiatek ke babak keempat Indian Wells

Foto arsip- Petenis Ukraina Elina Svitolina dalam turnamen Grand Slam Wimbledon di Inggris pada 30 Juni 2021. (REUTERS/PETER NICHOLLS)

Jakarta (ANTARA) - Unggulan keempat Elina Svitolina selamat dari terkaman petenis Rumania Sorana Cirstea untuk menang 4-6, 6-4, 7-6(3) pada putaran ketiga Indian Wells, Minggu waktu setempat, sedangkan unggulan kedua dari Polandia Iga Swiatek menghentikan Veronika Kudermetova 6-1, 6-0.

Mengutip Reuters, Senin, Svitolina yang meraih medali perunggu dalam Olimpiade Tokyo menyelamatkan 12 dari 16 peluang break point yang diciptakan Cirstea dalam pertandingan berlangsung selama dua jam 32 menit itu, dan bangkit dari ketertinggalan 2-4 pada set ketiga.

Setahun sejak memenangi gelar Grand Slam perdananya dalam French Open, Swiatek yang dominan dalam pertandingan ini hanya kehilangan tiga poin servis pertamanya dan tidak pernah melewatkan break. Swiatek melepaskan lima ace ke arah petenis Rusia Kudermetova yang tidak mampu mengembalikannya dalam pertandingan yang berlangsung 54 menit itu.

Petenis 20 tahun itu mengatakan kepada wartawan setelah pertandingan selesai bahwa dia berencana menyumbangkan uang hadiah putaran ketiganya ke sebuah organisasi nirlaba untuk menghormati Hari Kesehatan Mental Sedunia.

Baca juga: Juara bertahan Andreescu atasi perlawanan sengit Riske di Indian Wells

"Dukungan kesehatan mental itu selalu menjadi topik dekat bagi saya, untuk pertama kalinya saya ingin melakukan sesuatu guna membantu orang-orang," kata Swiatek seperti dikutip Reuters, Senin.

Petenis Kanada Leylah Fernandez tampil bersemangat sehingga membantunya finis menjadi runner-up di belakang Emma Raducanu dalam US Open bulan lalu, ketika petenis 19 tahun itu bangkit dari ketertinggalan satu set untuk menumbangkan unggulan kesembilan Anastasia Pavlyuchenkova 5-7, 6-3, 6-4.

Victoria Azarenka mengalahkan Petra Kvitova 7-5, 6-4 dalam pertandingan antar juara Grand Slam untuk selanjutnya bertemu dengan Aliaksandra Sasnovich.

Pada kelompok putra, unggulan ketiga Alexander Zverev mengatasi kesalahan set kedua guna mengalahkan petenis Amerika Serikat Jenson Brooksby 6-4, 3-6, 6-1, dengan meluncurkan selusin ace termasuk 10 pada set ketiga dalam usahanya merebut gelar Masters 1000 ketiga tahun ini.

Petenis peringkat tujuh dunia Matteo Berrettini mengalahkan petenis Chili Alejandro Tabilo 6-4, 7-5 dalam pertandingan putaran kedua.

Baca juga: Raducanu bernafsu memburu gelar berikutnya di Indian Wells

Berrettini menyelamatkan kedua break point yang dihadapinya dan melakukan 11 ace melawan Tabilo. Petenis Italia yang kalah dari petenis nomor satu dunia Novak Djokovic dalam final Wimbledon awal tahun itu, mengeluarkan suara yang keras saat merebut pertandingan.

“Hari ini tidak mudah. ​​Saya kesulitan beberapa hari terakhir dengan tubuh saya, jadi saya tahu bahwa saya tidak akan - Saya mengatakan pada diri saya untuk tidak mengharapkan performa terbaik, tetapi saya cukup yakin bahwa ketika levelnya akan meningkat, saya akan siap," kata Berretini.

Rekan senegara Berrettini dan unggulan ke-10, Jannik Sinner mengalahkan petenis Australia John Millman 6-2 6-2, sedangkan petenis Prancis Gael Monfils menyingkirkan Gianluca Mager 6-4, 6-2.

Sementara itu, petenis Inggris Andy Murray menghentikan petenis remaja dari Spanyol Carlos Alcaraz yang bulan lalu maju ke babak perempat final US Open.

Juara Grand Slam tiga kali berusia 34 tahun itu memenangkan dua pertiga dari poin servis pertamanya dan menyelamatkan delapan dari 10 break point untuk menang 5-7, 6-3, 6-2.

Baca juga: Tsitsipas antisipasi istirahat di kamar mandi saat Indian Wells

Pewarta: Gheovano Alfiqi/Fitri Supratiwi
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar