Jakarta (ANTARA) - Salah satu tips sukses untuk berhasil melamar pekerjaan melalui platform adalah dengan mengikuti seluruh tata cara atau prosedur yang dianjurkan dalam platform tersebut, seperti dikatakan oleh Sawitri Hertoto selaku Country Marketing Manager JobStreet Indonesia.

"Kalau sudah menggunakan platform, salah satunya JobStreet, semua tata caranya diikuti. Karena banyak sekali orang cari kerja, masuk ke JobStreet tapi nggak semuanya diikutin," ujar Sawitri saat diskusi daring, Senin.

Sebagai contoh, Sawitri menyebutkan pengguna platform harus melakukan registrasi terlebih dahulu, kemudian memperbarui profilnya atau update profile.

"Jadi profil ini harus di update. Sebab algoritma kita akan membaca semua skill yang ditaruh di situ dan juga ini memudahkan bagi HR untuk memfilter," lanjutnya.

Baca juga: Bekerja selama pandemi, ini yang dipilih pekerja Indonesia

Di sisi lain, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari juga mengatakan bahwa menurutnya, kemampuan atau skill merupakan hal utama yang penting untuk dimiliki sebelum melamar pekerjaan.

"Yang pertama adalah lengkapi dirimu dengan skills. Skill itu tidak satu. Skill itu harus kompleks, karena tugas kita dalam melakukan pekerjaan itu memang kompleks. Kemudian lengkapi dan upgrade, update skills itu secara terus menerus karena tantangan pekerjaan itu selalu berubah," ungkap Denni.

Selanjutnya, Denni mengatakan bahwa persiapan juga penting untuk dilakukan setelah memiliki sertifikat dan mengembangkan kemampuan diri. Hal ini perlu dilakukan agar pelamar dapat melakukan keahliannya saat melakukan test di perusahaan.

"Kemudian lakukan persiapan. Karena sertifikat atau skills itu saja nggak cukup. Harus kemudian kita ulang-ulang sampai sangat mahir supaya nanti ketika ditest, kita bisa melakukannya," ujar Denni.

Selain itu, Denni menjelaskan bahwa salah satu hal yang banyak diabaikan oleh pelamar adalah tidak menulis surat lamaran dan CV dengan baik. Padahal penulisan yang baik merupakan penilaian dari perusahaan.

"Yang penting juga adalah tulis surat lamaran kamu itu dengan sangat baik. Jadi sangat baik itu pertama simple, pendek tapi jangan ada salah ketik satu pun. Itu kelemahan dari angkatan kerja Indonesia. Tidak teliti, buru buru, asal submit, sukanya mepet-mepet. Itu tolong diubah kultur itu semua," tegasnya.

Lebih lanjut, Mei Shinta selaku Human Resources PT Santos Jaya Abadi juga menambahkan bahwa tips agar berhasil dalam mencari pekerjaan adalah melakukan latihan wawancara.

"Persiapan itu penting banget. Persiapan juga bisa latihan-latihan misanya latihan interview. Pastikan juga sudah sesuai dengan posisi yang dilamar dan kenali perusahaannya. Ketika interview bisa menjawab tentang perusahaan itu tuh bisa jadi nilai plus gitu ya," ujar Mei.

Baca juga: Enam tips diterima jadi karyawan e-commerce

Baca juga: Tips nyaman melamar kerja di job fair

Baca juga: JobStreet akan gelar Virtual Career Fair mulai 14 hingga 16 Oktober


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021