Dengan adanya pembebasan retribusi itu, harapannya mengurangi beban para pedagang
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, membebaskan retribusi pelayanan pasar rakyat bagi para pedagang, yang diharapkan mampu mengurangi beban pedagang yang terkena dampak pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang M Sailendra di Kota Malang, Jawa Timur, Senin mengatakan bahwa dengan adanya pembebasan retribusi pelayanan pasar rakyat tersebut, mampu mendorong peningkatan pendapatan para pedagang.

"Mulai besok (12/10/2021), pembebasan retribusi akan berlaku. Dengan adanya pembebasan retribusi itu, harapannya mengurangi beban para pedagang," kata Sailendra.

Pembebasan retribusi daerah tersebut meliputi pembebasan atas pokok retribusi pelayanan pasar dan pembebasan atas pokok retribusi pelayanan persampahan atau kebersihan.

Pembebasan atas pokok retribusi pelayanan persampahan atau kebersihan hanya khusus di pasar rakyat. Pembebasan retribusi tersebut dilakukan karena pada masa pandemi aktivitas perdagangan di pasar rakyat menurun.

Sailendra menjelaskan beban para pedagang pasar rakyat akibat pandemi virus corona saat ini memang terbilang cukup berat. Banyak pasar-pasar rakyat yang sepi pengunjung akibat konsumen tidak berbelanja ke pasar.

Menurutnya, saat ini, sejumlah pasar di wilayah Kota Malang sudah rampung direvitalisasi. Dengan adanya proses revitalisasi tersebut kondisi pasar saat ini sudah tertata rapi dan nyaman bagi para konsumen, termasuk pedagang.

"Pasar sepi itu karena pandemi, bukan masalah revitalisasinya. Jadi, tidak dikarenakan revitalisasi, semua pasar mengalami itu, penurunan itu," ujarnya.

Persatuan Pedagang Pasar Rakyat Kota Malang beberapa waktu lalu menyatakan bahwa pada masa awal pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), omzet pedagang mengalami penurunan hingga 80 persen.

Para pedagang pasar tersebut berharap Pemerintah Kota Malang segera memberikan pembebasan retribusi hingga akhir 2021.

Baca juga: Pemkot Malang bebaskan retribusi pelayanan pasar kurangi dampak PPKM
Baca juga: Pemkot Malang akan revitalisasi tiga pasar rakyat pada 2021
Baca juga: Pasar OroOro Dowo jadi percontohan menuju normal baru di Kota malang


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021