JK: Vaksinasi bisa mempercepat pemulihan ekonomi bangsa

JK: Vaksinasi bisa mempercepat pemulihan ekonomi bangsa

Juru vaksin dari PMI sedang menyuntik santri.

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla mengatakan vaksinasi bisa mempercepat pemulihan ekonomi bangsa, maka dari itu pihaknya mengerahkan sumber daya ahli untuk membantu pemerintah dalam percepatan proses vaksinasi hingga ke berbagai penjuru nusantara.

"Vaksinasi merupakan salah satu yang paling efektif dalam upaya penanggulangan COVID-19, maka dari itu kami berkomitmen membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi untuk masyarakat dengan mengerahkan sumber daya PMI," kata Ketua Umum PMI Jusuf Kalla melalui siaran persnya yang diterima, Senin.

Menurut JK, sapaan akrabnya, vaksinasi upaya efektif untuk mencapai kekebalan imunitas (herd immunity), maka dari itu program vaksinasi ini harus didukung oleh berbagai pihak agar kondisi kesehatan masyarakat pulih dan menggerakkan ekonomi Indonesia secara keseluruhan.

Ia pun mendorong seluruh kader PMI di semua tingkatan mulai dari dari PMI provinsi, kabupaten maupun kota hingga kecamatan bersama fasilitas kesehatan milik lembaga kemanusiaan ini bergerak secara simultan untuk melaksanakan vaksinasi.

Baca juga: JK resmikan dua juta vaksinasi bagi Indonesia sehat bersama PMI

Baca juga: JK ingatkan Pemerintah pemberian vaksin COVID-19 beda dengan sembako


Sebelumnya, Pengurus Pusat PMI Ketua Bidang Kesehatan dan Sosial, Prof Fachmi Idris menambahkan melalui inisiatif dan kolaborasi lokal, saat ini PMI telah menjangkau 857.206 orang di seluruh Indonesia.

“PMI sebagai mitra pemerintah tentu ingin berkontribusi lebih banyak bagi masyarakat Indonesia, dengan alokasi khusus dari Kementerian Kesehatan RI sebanyak 2 juta vaksin," ujarnya.

Untuk mendukung alokasi khusus ini, PMI bekerjasama dengan Pusat Pelatihan SDM Kesehatan Kemenkes dengan melatih 2.356 tenaga vaksinator PMI di seluruh Indonesia.*

Baca juga: JK kritik Menkes soal kerumitan administrasi vaksin COVID-19

Baca juga: JK: Vaksinasi COVID-19 nasional paling cepat selesai dua tahun

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jusuf Kalla dorong peran PMI antisipasi gelombang ketiga COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar