Merauke (ANTARA) - Hari kelima pertandingan cabang olahraga gulat PON 2021 Papua pada Selasa akan memperebutkan medali emas untuk tiga kelas terberat gaya bebas putra di GOR Futsal Dispora, Merauke.

Ketiga kelas tersebut adalah 86kg, 97kg, dan 125kg.

Pegulat Jawa Timur Kriesna Eka Pratama akan berupaya memperbaiki perolehan medali perak PON sebelumnya saat ia menantang Refdan Syahputra (Lampung), Randa Rian Desta (Sumbar), Dendy Maisyahputra (Bengkulu) dan pegulat tuan rumah Andarias Mesak Sroyer di kelas 86kg.

Pegulat Kalsel Fahriansyah juga akan meramaikan kelas 86kg berbekal medali perunggu di pesta olahraga empat tahunan sebelumnya.

Di gaya bebas 97kg, Rio Akbar Bahari menjadi andalan Jawa Barat untuk menambah pundi-pundi medali mereka.

Pegulat kelahiran 11 Maret 1995 itu juga sudah memiliki pengalaman naik podium di PON 2016 di peringkat tiga.

Rio akan bertemu dengan juara bertahan Husnul Amri asal Sumatra Barat di kelas yang juga bakal diramaikan oleh Muhammad Fajrin Abdillah (Kalsel), Ronald Lumban Toruan (Sumsel), dan pegulat tuan rumah Reyna Fadly Saepumillah.

Sementara itu Dimas Septo Anugraha akan menjadi favorit juara kelas 125kg di saat juara bertahan PON itu ditantang oleh Ahmad Umar Maulana (Jateng), Duri Harianto (DKI Jakarta), Tri Jawa Kusuma (Jambi), Kuanto (Sumsel) dan Oloan Silalahi (Papua).

Tiga medali emas gaya bebas kelas 57kg, 65kg, dan 74kg telah diperebutkan pada Senin yang masing-masing dimenangi oleh Zainal Abidin (Kaltim), Arbainsyah (Kalsel), dan Rachmat Hadi Wijaya (Jatim).

Jawa Timur sementara ini memuncaki tabel perolehan medali gulat dengan empat emas, tiga perak dan satu perunggu diikuti oleh Jawa Barat dengan dua emas dan satu perak.

Kaltim, Kalsel dan Banten masing-masing mencuri satu medali emas hingga hari keempat gulat.

Sebanyak 18 medali emas diperebutkan dalam perhelatan cabang olahraga gulat PON Papua yang akan memainkan nomor gaya bebas dan Greco-Roman di GOR Futsal Dispora, Merauke selama sepekan pada 8-14 Oktober.

Berikut jadwal gulat hari kelima, Selasa (12/10):
13:00-15:30 WIT - Kualifikasi round robin gaya bebas 86kg, 97kg, dan 125kg.
15:30-18:00 WIT - Semifinal dan final gaya bebas 86kg, 97kg, dan 125kg

Baca juga: Kalsel raih medali emas pertama lewat cabang gulat
Baca juga: Zainal Abidin pecahkan kebuntuan emas gulat Kaltim
Baca juga: Rachmat Hadi sumbang emas keempat gulat untuk Jatim

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021