Timika (ANTARA) - Kontingen Jawa Timur berpeluang meraih medali emas keduanya di cabang olahraga biliar Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua jika berhasil meloloskan dua wakilnya ke babak final nomor bola sembilan tunggal putri di GOR Biliar SP5 Mimika, Selasa.

Babak final "All Jatim Final" bisa terjadi asalkan dua pebiliarnya yaitu Emilia Putri Rahmanda dan Annabella Putri Yohana bisa memenangi babak semifinal yang berlangsung pada laga sesi pagi.

Pebiliar kakak beradik asal Pasuruan ini masing-masing akan menghadapi lawan kuat, yaitu Angeline M.Ticoalu dari Jawa Tengah dan Fatih Setia Utami sebagai atlet tuan rumah.

Persaingan ketat diprediksi akan terjadi antara Emilia kontra Angeline karena keduanya akan menjadi penentu nasib klasemen bagi kontingen masing-masing.

Baik Jatim dan Jateng masing-masing mengantongi satu medali emas, namun Jateng berada pada peringkat yang lebih baik di posisi kelima, sementara Jatim berada tiga peringkat di bawahnya.

Keunggulan peringkat Jateng didapat berkat kepemilikan empat medali, dengan tambahan satu perak dan dua perunggu. Sedangkan Jatim hanya punya tambahan satu perunggu alias dua medali.

Jika Emilia lolos ke babak final dan menjadi juara, maka dipastikan Jatim akan menggeser posisi Jateng yang di peringkat lima besar.

Namun jika Angeline lolos ke babak final dan sukses mendulang emas kedua bagi Jateng, maka kontingennya akan menggeser Jambi yang berada di peringkat keempat yang hanya bermodal dua medali emas.

Begitu pula dengan Fatih dari tim Papua, jika bisa melenggang ke partai puncak dan meraih medali emas, maka tim tuan rumah akan menggeser posisi Jakarta yang bertengger di puncak klasemen sementara.

DKI Jakarta sudah mengantongi tiga medali emas, satu perak dan dua perunggu. Sementara Papua yang berada di peringkat ketiga mempunyai dua emas, satu perak dan tujuh perunggu.

Berikut jadwal pertandingan cabang biliar di klaster Mimika, Selasa:

Sesi pagi 09.00-11.30 WIT
Semifinal bola sembilan tunggal putri
Annabella P. Yohana (Jawa Timur) vs Fatih Setia Utami (Papua)
Emilia P. Rahmanda (Jawa Timur) vs Angeline Ticoalu (Jawa Tengah)

Sesi sore 15.00-17.30 WIT
Final bola sembilan tunggal putri
*peserta menunggu penentuan dari babak semifinal

Perempat final snooker six red
Chandra Wijaya (Sumatera Utara) vs Oei Kiem Han (Bali)

Perempat final billiard frame
M. Faisal (Riau) vs Steny Lohy (Papua)


Baca juga: Jakarta tambah perolehan emas biliar PON lewat Edward/Ponco
Baca juga: Erwin/Rudy catatkan medali emas PON pertama di karir biliar

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021