Jayapura (ANTARA) - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta Djamhuron P. Wibowo berharap renang menjadi lumbung medali emas, sehingga kans menjadi juara umum PON XX Papua tetap terbuka.

"Kalau perlu medali emas semuanya bisa direbut oleh atlet-atlet DKI," ujar Djamhuron di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Senin.

Harapan DKI Jakarta untuk mendulang medali dalam perlombaan renang memang besar karena secara keseluruhan ada 38 medali emas diperebutkan.

Hingga hari keempat, Senin (12/10/2021), skuad Ibu Kota telah mengoleksi enam emas, tiga perak dan tiga perunggu.

Jumlah tersebut menempatkan DKI Jakarta di urutan kedua dalam daftar perolehan medali renang. Posisi pertama Jawa Timur dengan sembilan emas, enam perak, dan dua perunggu.

Perlombaan renang pun masih menyisakan 18 medali emas hingga hari terakhir, Kamis (14/10).

Selain renang, di Arena Akuatik Kampung Harapan juga masih bergulir perlombaan loncat indah.

DKI Jakarta memimpin perolehan medali dengan dua emas, satu perak, dan satu perunggu.

Loncat indah masih menyisakan empat medali emas hingga Kamis (14/10). Djamhuron berharap atlet DKI dapat memaksimalkan peluang yang ada.

"Untuk PON-PON yang lalu, kita mendapat medali emas. Ini juga mendapatkan medali emas. Ini juga karena pembinaan yang bagus. jadi bisa kontinu," katanya.

"Tenangkan pikiran, fokus pada pertandingan dan harus berbuat yang luar biasa untuk memperoleh hasil yang luar biasa juga," pesan Djamhuron kepada atlet yang akan bersaing.

Harapan serupa juga disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang hadir langsung mendukung kontingen Ibu Kota, kemarin.

"Dalam beberapa hari ke depan, semoga akan lebih banyak lagi medali untuk DKI Jakarta," kata Anies.

"Namun pelajaran penting dari ajang olahraga ini bukan sekadar jumlah emasnya, tetapi kerja keras untuk mendapatkan prestasi tersebut," kata Anies menambahkan.

Hingga berita ini diturunkan, DKI Jakarta masih berada di posisi ketiga dalam klasemen perolehan medali PON Papua dengan mengoleksi 78 emas, 66 perak, dan 79 perunggu.

Sementara Jawa Barat berada di posisi teratas dengan raihan 93 emas, 73 perak, dan 78 perunggu.

Adapun Jawa Timur berada di urutan kedua dengan mengantongi 83 emas, 67 perak, dan 60 perunggu.

"Masih ada beberapa hari dan cabang olahraga masih dipertandingkan. Saya optimistis target yang dicanangkan bisa tercapai," pungkas Djamhuron.

Baca juga: Renang PON Papua perebutkan tujuh medali emas hari ini
Baca juga: Jawa Timur masih kokoh di puncak perolehan medali cabang renang
Baca juga: DKI Jakarta borong enam medali renang pada hari ketiga PON Papua

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021