Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia sebagian besar tidak berubah pada perdagangan Selasa pagi, karena keuntungan di saham-saham penambang kelas berat yang didukung kenaikan harga bijih besi mengimbangi penurunan saham-saham teknologi dan keuangan.

Indeks acuan S&P/ASX 200 di Bursa Efek Australia naik tipis 0,05 persen menjadi diperdagangkan di 7.303,20 poin pada pukul 23.27 GMT. Indeks acuan tergelincir 0,28 persen pada penutupan Senin (11/10/2021).

Sub-indeks keuangan Australia turun sebanyak 0,5 persen, dengan pemberi pinjaman Westpac Banking Corp kehilangan hingga 1,2 persen setelah mencatatkan laba 1,3 miliar dolar Australia (956 juta dolar AS) pada paruh kedua.

Pemberi pinjaman terbesar kedua di negara itu berdasarkan kapitalisasi pasar mengatakan akan mengambil biaya satu kali setelah unit perbankan institusionalnya berhenti dari perdagangan energi, di antara alasan lainnya.

Bank 'Empat Besar' Australia lainnya - National Australia Bank Ltd, Australia and New Zealand Banking Group dan Commonwealth Bank of Australia - turun antara 0,4 persen dan 0,6 persen.

Saham teknologi jatuh untuk hari kedua berturut-turut, tergelincir sebanyak 1,3 persen, setelah indeks utama Wall Street ditutup lebih rendah semalam.

Afterpay mencatat kehilangan paling banyak pada sub-indeks, jatuh 2,6 persen ke level terendah sejak 5 Oktober.

Mengimbangi penurunan, para penambang Aussie naik 1,6 persen dalam kenaikan sesi keempat berturut-turut karena harga bijih besi melonjak di tengah kekhawatiran pasokan.

BHP Group terangkat 1,4 persen, sementara Rio Tinto dan Fortescue Metals masing-masing naik hingga 1,8 persen dan 1,9 persen.

Saham energi menguat 0,5 persen, dengan Oil Search bertambah 1,2 persen karena harga minyak menguat didorong permintaan yang melonjak.

Di seberang Laut Tasmania, indeks acuan S&P/NZX 50 Selandia Baru turun untuk sesi keenam berturut-turut, melemah 0,3 persen, dengan perusahaan diagnostik kanker Pacific Edge jatuh sekitar 2,1 persen.

Baca juga: Wall St tutup sesi fluktuatif lebih rendah, tunggu laporan laba emiten
Baca juga: Saham Inggris untung hari ketiga, indeks FTSE 100 terkerek 0,72 persen
Baca juga: Saham Jerman perpanjang kerugian, indeks DAX 40 tergerus 0,05 persen

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021