San Francisco (ANTARA News) - Piranti lunak Google yang mengubah iPhone menjadi penerjemah, sejak Rabu ini bisa didapatkan secara online dalam App Store.

"Aplikasi baru itu menerima input suara untuk 15 bahasa, dan seperti halnya aplikasi web Anda bisa menerjemahkan satu kata atau ungkapan ke dalam satu atau lebih 50 bahasa," kata insinyur Google Wenzhang Zhu lewat satu posting blognya.

"Untuk input suara, cukup tekan ikon mikrofon di samping kotak teks dan katakan apa yang ingin Anda terjemahkan," tambahnya seperti dikutip AFP.

Menurut Wenzhang, Google Translate untuk iPhone menggunakan teknologi peniru suara yang serupa dengan versi untuk program komputer desktop yang dirilis bulan lalu.

Januari lalu, The Mountain View, perusahaan Internet utama yang berbasis di California menambahkan kemampuan penerjemahan bahasa ke ponsel pintar bersistem operasi Android dengan piranti lunak yang memungkinkan perangkat itu menerjemahkan pembicaraan secara seketika.

Berdasarkan firma pelacak pasar comScore Selasa kemarin, kinerja Android menyisihkan iPhone pada kuartal lalu dan mendekati BlackBerry sebagai platform ponsel pintar terpopuler di Amerika Serikat.(*) ENY

Penerjemah:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011