Mimika (ANTARA) - Tim bola basket 3x3 putra Jawa Timur sukses melaju dari fase grup PON XX Papua setelah menorehkan dua kemenangan di Grup A, Selasa.

Pada pertandingan di Mimika Sport Complex, Mimika, Jawa Timur mengalahkan Jawa Tengah 21-15 dan menundukkan Sulawesi Selatan 19-16.

Hasil tersebut memastikan Jawa Timur setidak-tidaknya menyegel satu tempat pada babak perempat final.

Namun, jika mampu menaklukkan Papua pada laga terakhirnya, Rabu (13/10), Jawa Timur dipastikan menjadi juara Grup A dan berhak berada dalam semifinal.

Pemain Jawa Timur Widyanta Putra Teja menyebut catatan positif tersebut sudah sesuai harapan dan target berikutnya adalah juara grup.

"Kalau menjadi juara grup, jumlah pertandingan kami (menuju final) lebih sedikit. Kami mau merebut emas untuk Jawa Timur," tutur Widyanta.

Pada cabang olahraga bola basket 3x3 PON Papua, juara grup berhak melangkah langsung ke semifinal.

Sementara posisi dua dan tiga masuk perempat final. Sebagai informasi, setiap grup 3X3 PON Papua baik putra maupun putri diisi oleh empat tim.

Bola basket 3X3 di PON XX Papua merupakan cabang olahraga baru pada ajang PON. Sebelumnya, bola basket 3x3 juga mencatatkan debut dalam Olimpiade Tokyo 2020.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021