Jayapura (ANTARA) - Tuan rumah mengamankan satu medali emas dengan menjuarai nomor ganda putri senam aerobik PON XX Papua yang dihelat di Istora Papua Bangkit, Selasa.

Pasangan Sonya Agustina Akwila dan Grace Lois Maicel menjadi dua atlet senam aerobik yang mewakili Papua di babak final itu melawan empat pasangan perwakilan dari Jawa Barat, DKI Jakarta, Jambi, dan Jawa Tengah.

Berdasarkan penilaian dewan juri, pasangan Sonya/Grace yang baru debut di PON Papua mendapatkan nilai 13.750 dan berhak atas medali emas.

Medali emas nomor ganda putri ini menjadi emas pertama yang diraih oleh tuan rumah papua dari cabang olahraga senam aerobik.

Sonya dan Grace pun berharap dengan medali emas itu semakin banyak talenta senam aerobik yang muncul dari Bumi Cendrawasih.

"Harapan ke depan kami bisa ikut sampai ke PON 2024, kami juga berharap anak-anak Papua bisa menjadi talenta baru di olahraga senam,” ujar Sonya saat diwawancarai ANTARA.

Nilai yang diperoleh pasangan Sonya/Grace memiliki selisih 100 poin dari pasangan Beby Pelany Prativy/Citra Maulani asal Jawa Barat yang harus puas dengan posisi kedua dengan skor akhir 13.650.

Sementara posisi ketiga dtempati pasangan DKI Jakarta Naura Oryza Sativa/Ita Yuniati yang mendapatkan hasil akhir 13.600.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2021