IHK adalah daya tarik ekonomi utama" dan "memiliki potensi untuk melihat ekspektasi kenaikan suku bunga Fed bergerak lagi, dengan satu atau lain cara
Tokyo (ANTARA) - Dolar bertahan di dekat level tertinggi satu tahun terhadap mata uang utama lainnya di sesi Asia pada Rabu pagi, di tengah meningkatnya ekspektasi Federal Reserve akan mengumumkan pengurangan stimulus bulan depan, berpotensi diikuti dengan kenaikan suku bunga pada pertengahan 2022.

Tiga pembuat kebijakan Fed, termasuk Wakil Ketua Richard Clarida, mengatakan semalam bahwa ekonomi AS telah cukup pulih untuk mulai mengurangi program pembelian aset bank sentral.

Pasar uang sekarang memberi perkiraan peluang 50-50 untuk kenaikan suku bunga pada Juli tahun depan.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama rivalnya, sedikit melemah ke 94,460 dari sehari sebelumnya, ketika menyentuh 94,563 untuk pertama kalinya sejak akhir September 2020.

Lonjakan harga energi telah memicu kekhawatiran inflasi dan memicu spekulasi bahwa Fed mungkin perlu bergerak lebih cepat untuk menormalkan kebijakannya daripada yang diproyeksikan para pejabat, mengirimkan imbal hasil obligasi pemerintah dua tahun ke level tertinggi dalam lebih dari 18 bulan semalam.

Imbal hasil AS yang lebih tinggi membantu mendorong dolar ke level tertinggi tiga tahun terhadap yen pada Selasa (12/10) di 113,785 yen. Pasangan ini terakhir diperdagangkan di 113,485.

Euro berpindah tangan pada 1,1541 dolar AS, jauh dari sesi sebelumnya 1,1522 dolar AS, terendah dalam hampir 15 bulan bulan. Pedagang akan fokus pada data harga konsumen pada Rabu waktu setempat untuk wawasan lebih lanjut tentang waktu kenaikan suku bunga.

"IHK adalah daya tarik ekonomi utama" dan "memiliki potensi untuk melihat ekspektasi kenaikan suku bunga Fed bergerak lagi, dengan satu atau lain cara," kata Ray Attrill, kepala strategi valuta asing di National Australia Bank di Sydney.

Sebagian besar pembuat kebijakan Fed terus mengatakan tekanan inflasi akan terbukti sementara.

Gubernur Lael Brainard dan Michelle Bowman termasuk di antara pejabat Fed yang akan berbicara Rabu nanti, ketika risalah pertemuan bank sentral September juga akan dirilis.

Sterling berkelok-kelok di pertengahan kisaran bulan ini, diperdagangkan sedikit berubah dari Selasa di 1,3596 dolar AS.

Dolar Aussie yang sensitif terhadap risiko tergelincir 0,2 persen menjadi 0,7335 dolar AS, mundur dari tertinggi satu bulan pada Selasa (12/10) di 0,7384 dolar AS.

Bitcoin diperdagangkan sekitar 56.500 dolar AS, setelah mencapai level tertinggi lima bulan di 57.855,79 dolar AS pada awal pekan.

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021