Bieber mungkin berpengaruh di box office, tetapi tak akan seperti Adam Sandler.."
Los Angeles (ANTARA News) - Albumnya terjual jutaan, penggemarnya di Facebook lebih dari 20 juta, bahkan cat kukunya ludes terjual.

Namun, mampukah Justin Bieber menaklukkan box office Amerika minggu ini dengan film konser terbarunya "Never Say Never"?

Keungkinan besar tidak, kata analis box office Hollywood Exhibitor Relations.

Tetapi, film biopik 3D mengenai idola remaja asal Kanada itu diperkirakan menangguk 24 juta dolar AS pada pekan pembukaan setelah banyak review positif tentang film ini, bahkan dari kritikus film paruh baya.

"Bieber mungkin berpengaruh di box office, tetapi tak akan seperti Adam Sandler yang mungkin memuncaki sesi pekan Valentine dengan film komedi romantis terbarunya "just Go With It," tulis Jeff Bock dari Exhibitor Relations.

Bock memperkirakan bahwa "Just Go With It" yang juga dibintangi Jennifer Aniston, akan meraup pendapatan 38 juta dolar AS, mengalahkan demam film Bieber di peringkat kedua.

"Never Say Never" adalah kombinasi dari film konser dan cuplikan video pada awal ketenaran Bieber setelah ditemukan di YouTube. Film itu merupakan film konser terakhir untuk mengetes selera penggemar untuk melihat penampilan sang penyanyi ABG itu di layar lebar.

Pada 2008, Miley Cyrus merilis film 3D berjudul "Best of Both Worlds Concert Tour."  Film ini menghasilkan 31 juta AS di box office Amerika Utara pada pekan pembukaan.

Sementara itu, The Jonas Brothers, kurang beruntung karena film "The 3D Concert Experienced" yang dirilis tahun 2009 meraih hasil mengecewakan dengan hanya mengumpulkan 12,5 juta dolar AS pada pembukaan.

Hollywood Reporter mengatakan, "Never Say Never" harus membuat semua penggemarnya untuk mengeluarkan keragu-raguan mereka dengan memuji film ini sebagai pendekatan yang secara visual energik.

Marshall Fine dari Hollywoodandfine.com, mengakui dia tidak bisa menyebutkan satu pun lagu Bieber. Tetapi, setelah melihat film itu "bahkan seseorang yang kurang peka terhadap demam Bieber pun akan terkesan dengan perkembangan cepat Bieber."

Harin Los Angeles Times mengatakan film itu memang sedikit berantakan secara struktural, tetapi ragu penggemar akan peduli pada kekurangan ini.

"Never Say Never" memperoleh rating 60 di situs review film rottentomatoes.com.

Bieber mengatakan kepada Reuters TV awal pekan ini bahwa dia ingin menunjukkan pada dunia "Siapa saya dan bagaimana saya sampai ke sini dan perjuangan apa yang sudah saya lalui, dan saya hanya ingin dunia melihat bahwa saya anak 16 tahun biasa."

Tidak cukup biasa. Bieber adalah penyanyi dengan penjualan terbaik keempat di Amerika Serikat pada 2010. Menurut Billboard dan Nielsen SoundScan, albumnya terjual 3,7 juta kopi, terutama untuk album keduanya "My World 2.0".

Dia juga menjadi fenomena budaya pop, bahkan menginspirasi merek boneka, mainan dan cat kuku.

Perusahaan yang bergerak dalam perawatan kuku, Nicole by Opsi, Kamis kemarin mengatakan mereka berhasil menjual lebih dari satu juta botol cat kuku tabf terinspirasi Bieber, "One Less Lonely Girl".

Koleksi cat kuku itu dirilis Desember lalu dan rencananya akan diproduksi tiga kali lipat untuk memenuhi permintaan di seluruh dunia.

"Never Say Never" dirilis oleh Paramount Pictures, unit dari Viacom Inc, sementara Bieber terikat dengan Island Records, unit dari Universal Music milik Vivendi. (*) ENY

Penerjemah:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011