Selain itu (kami) ingin mengembalikan hakikat kesenian dan musik kepada khitahnya."
Bandarlampung (ANTARA News) - KLA Project mengaku belum tertarik menjadi bintang iklan, membuat album religi, atau main film sebagaimana dilakukan band-band baru saat ini untuk meningkatkan popularitas mereka.

"Belum tertarik dan belum saatnya, kami ingin lebih concern (fokus) menghasilkan musik yang bagus," kata salah seorang personel KLA project Adi Adrian, di Bandarlampung, Jumat.

Hal sama diutarakan dua personel lainnya, Lilo dan Katon, bahwa reuni KLA Project bukan untuk aji mumpung dan mengejar keuntungan bisnis hiburan semata, melainkan demi mengampanyekan kembali keasyikan menjadi musisi.

"Selain itu (kami) ingin mengembalikan hakikat kesenian dan musik kepada khitahnya," kata Katon.

Sementara Lilo, dalam gaya bercanda, memiliki argumen sendiri tentang keengganan KLA Project membuat album religi, demi memanfaatkan momentum tertentu, bahwa 'personel KLA tidak ada yang religius.'

"Kami kembali berkumpul bukan untuk itu, melainkan untuk mengkonsep kembali bagaimana tatanan menghasilkan musik yang ideal," kata dia.

Mereka sepakat mengatakan reuni KLA Project setelah vakum selama kurang lebih sepuluh tahun, adalah upaya mereka menghadapi suasana bisnis musik yang berbeda.

"Orang sudah lebih tertarik membeli single, bahkan hanya potongan single dalam bentuk RBT, tapi kami yakin album musik tetap diminati," kata Lilo.

Menikmati album, katanya, memiliki sensasi yang berbeda dibandingkan menikmati satu lagu karena lebih utuh dan lebih terasa dinamis.

"Itulah sebabnya kami tetap ngotot bikin album, dibawah bendera KLA Corp," katanya.

CD album terbaru KLA Project, Exelentia, saat ini telah laku 10 ribu keping dalam waktu kurang dari empat bulan pascapeluncurannya akhir November 2010.

Untuk mempromosikan album tersebut dan membagi rindu dengan fans mereka, KLA Project menggelar tur keliling 8 kota Indonesia, bekerjasama dengan Hedi Yunus Production sebagai promotor.

Lampung menjadi kota keempat yang disambangi grup tersebut, dan konser akan berlangsung Jumat malam di Hotel Novotel, Bandarlampung.

ANT/T013*AH

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011