Jayapura (ANTARA) - Gladies Lariesa Garina tampil apik dalam debutnya di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dengan menyabet dua medali emas masing-masing pada nomor menara putri dan papan 3 meter putri.
 
Untuk nomor yang terakhir disebutkan, atlet loncat indah berusia 15 tahun itu meraihnya saat tampil di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Rabu. Penampilan ciamik Gladies diganjar nilai tertinggi yakni 307,85.
 
Dari lima loncatan yang wakil Jawa Timur (Jatim) itu lakukan, nilai tertinggi ada pada percobaan keempatnya dengan 69.00. Selebihnya pada loncatan pertama mendapat nilai 64,50, kedua (57,35), ketiga (49,50), dan kelima (67,50).

Baca juga: Loncah Indah hari ini, dua emas dari papan 3 m putri dan menara putra
 
Dia kembali mengalahkan sang senior yang juga berasal dari Jawa Timur Della Dinarsari Harimurti yang harus puas membawa pulang perak setelah mendapat nilai 235,00.
 
Sementara perunggu diraih, Adreva Rasty Putri dari Sumatera Selatan yang mendapat nilai 226,45.
 
"Tak menyangka karena ini adalah PON pertama saya. Degdegan juga, terlebih lagi persaingan ketat ada senior saya juga," ujar Gladies kepada ANTARA.
 
Sementara itu Della pun mengakui kehebatan Gladies. Dia tak kecewa meski hanya meraih perak. Karena menurutnya Gladies layak menjadi yang terbaik.

Baca juga: Papua dan Jatim berbagi emas loncat indah sinkronisasi menara putri
 
"Menurut saya Gladies memang bagus. Jadi saya dapat perak juga tidak marah dan menyesal, karena memang Gladies bagus," kata Della puji Gladies.
 
"Semoga lebih semangat lagi karena prestasinya masih bisa lebih jauh lagi seperti SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade, dia masih bisa," ujar Della menuturkan.
 
Satu hari sebelumnya, Gladies juga meraih emas pada nomor menara putri dengan mendapat nilai tertinggi 255,00. Dia mengalahkan Della yang berada di urutan kedua dengan nilai 242,74 dan wakil DKI Jakarta Linadini Yasmin yang meraih perunggu usai mendapat nilai 209,40.
 
Dengan raihan dua emas ini, Gladies yang lahir pada 24 Maret 2006 berpotensi menjadi ratu loncat indah harapan Indonesia.
 
"Harapannya ke depan bisa lebih bagus lagi. Bisa ke jenjang internasional," pungkas Gladies.
 
Baca juga: Target terpenuhi, Della dan Linar punya kans tambah emas loncat indah

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021