Satgas TNI berikan layanan vaksinasi untuk warga perbatasan RI-PNG

Satgas TNI berikan layanan vaksinasi untuk warga perbatasan RI-PNG

Pertonel tim kesehatan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Indonesia-PNG dari Batalion Infantri Mekanis 403/Wirasada Pratista memvaksin Covid-19 warga di kampung Swakarsa Arso, Kabupaten Keerom, Papua. ANTARA/HO-Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih

Keerom (ANTARA) - Prajurit TNI Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Indonesia-PNG dari Batalion Infantri Mekanis 403/WP bekerja sama dengan Polres Keerom, Dinas Kesehatan dan Puskesmas Arso Kabupaten Keerom, Papua memberikan layanan serbuan vaksinasi untuk warga Kampung Swakarsa, Distrik Arso, Kabupaten Keerom.

Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Indonesia-PNG dari Batalion Infantri Mekanis 403/Wirasada Pratista, Letnan Kolonel Infantri Ade P Siregar, dalam keterangan diterima ANTARA, Kamis, mengungkapkan, mereka memvaksinasi warga dalam menyukseskan PON XX/2021 di Papua.

Baca juga: Apakah vaksin COVID-19 dan protokol kesehatan efektif selama PON Papua

"Salah satunya, dengan membantu memberikan pelayanan terhadap masyarakat khususnya pelayanan di bidang kesehatan berupa serbuan vaksinasi agar warga tetap sehat," kata Siregar.

Ia mengatakan, masih ditemukan warga yang positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Keerom menimbulkan kekhawatiran masyarakat.

"Belum lagi masa pandemi yang belum selesai menuntut masyarakat termasuk juga prajurit yang sedang melaksanakan tugas serbuan vaksinasi di wilayah perbatasan untuk terus waspada dan terus mematuhi protokol kesehatan,” kata dia.

Baca juga: Vaksin di arena pertandingan PON Papua jadi pilihan

Di tempat terpisah, Komandan Pos Komando Utama satuan tugas itu, Letnan Satu Infantri Sumarno, mengatakan, dokter satuan tugas, Letnan Satu CKM dr Kristia Yudha Bayu M menjadi koordinator vaksinasi itu yang dipusatkan di fasilitas kesehatan Polres Keerom.

“Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan mengumpulkan peserta vaksin untuk didata terkait identitas diri dan dengan melalui tahapan pemantauan berikutnya pengecekan KTP, pengisian formulir peserta dilanjutkan dengan tensi sampai dengan penyuntikan vaksin Covid-19," ujarnya.

Baca juga: Gerai vaksin Istora Papua Bangkit bantu masyarakat meriahkan PON Papua

Pelaksanaan serbuan vaksinasi dibagi per gelombang, selama pelaksanaan vaksin tentunya dengan menerapkan standar protokol kesehatan hal ini dilakukan dalam rangka untuk mendukung program percepatan vaksinasi

Warga perbatasan, Ferdino Fatagor, mengucapkan terima kasih kepada tim kesehatan satuan tugas itu dan pemerintah daerah yang telah menggelar kegiatan vaksinasi di Kampung Swakarsa Arso, Kabupaten Keerom.

Baca juga: Kemarin 53 juta orang dapat vaksin COVID-19 hingga prokes PON Papua

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kota Tangerang kebut vaksinasi untuk PTM SD

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar