BMKG prakirakan sejumlah daerah mengalami hujan lebat

BMKG prakirakan sejumlah daerah mengalami hujan lebat

Posisi siklon tropis Kompasu dan Namtheun serta dua sistem tekanan rendah yang berdampak terhadap kondisi cuaca di belahan bumi selatan termasuk Jawa Tengah bagian selatan. (ANTARA/HO-BMKG Cilacap)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprakirakan sejumlah daerah di Indonesia mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Berdasarkan data yang dihimpun dari laman resmi BMKG di Jakarta, Kamis, hujan lebat berpotensi terjadi di Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Cuaca serupa juga diprakirakan terjadi di Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Sementara, wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Banten, Jawa Barat, Maluku dan Papua.

BMKG juga mengeluarkan peringatan gelombang tinggi 2,5-4 meter di Selat Malaka bagian Utara, Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Perairan Barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, dan Perairan Bengkulu hingga Barat Lampung.

Peringatan gelombang tinggi serupa juga berlaku di Samudra Hindia Barat Sumatra, Selat Sunda bagian Barat dan Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Sumbawa, Samudra Hindia Selatan Banten hingga Nusa Tenggara Barat.

Masyarakat pesisir dan bidang pelayaran diharapkan mewaspadai potensi gelombang tinggi tersebut.
Baca juga: BMKG ajak masyarakat waspadai siklus 100 tahunan tsunami pesisir Jawa
Baca juga: Hujan ringan terjadi di sebagian kota besar di Tanah Air
Baca juga: BMKG prakirakan angin kencang landa sebagian wilayah Indonesia

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Hindari potensi kebakaran saat suhu udara tinggi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar