PON Papua

Papua ambisi kawinkan emas sepak bola PON, Aceh inginkan balas dendam

Papua ambisi kawinkan emas sepak bola PON, Aceh inginkan balas dendam

Pesepak bola Papua I Nyoman Nikson Ansanay (tengah) bersama rekan satu timnya meluapkan kegembiraannya usai mencetak gol ke gawang tim Kalimantan Timur saat pertandingan Semi Final Sepak Bola putra PON Papua di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Selasa (12/10/2021). Papua berhasil mengalahkan Kalimantan Timur dengan skor 5-1. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)

Jayapura (ANTARA) - Pertandingan final PON Papua cabang olahraga sepak bola putra akan menyajikan laga antara tuan rumah vs Aceh yang akan digelar di Stadion Mandala, Jayapura, Kamis (14/10) pukul 19:00 WIT.
 
Pada pertandingan ini, Papua punya ambisi untuk kembali meraih medali emas PON setelah pada gelaran sebelumnya hanya bisa menyabet medali perunggu di Jawa Barat pada 2016 lalu.
 
Selain itu, Papua juga punya peluang mengawinkan medali emas cabang sepak bola setelah tim putri mereka berhasil mengamankan medali emas pada beberapa waktu lalu.
 
Tim sepak bola putri Papua berhasil mengamankan medali emas PON setelah mengalahkan Jawa Barat 1-0 di partai final pada Senin (11/10) lalu.
 
Selain itu, tim sepak bola putri Papua juga berhasil mencatatkan diri sebagai juara pertama cabang olahraga sepak bola putri dalam sejarah PON karena baru pertama kali diadakan pada edisi ini.

Baca juga: Gol indah Liza Armanita antar Papua juarai sepak bola putri PON Papua
 
Tentu keberhasilan dari tim putri ini akan menjadi motivasi tambahan untuk tim putra sepak bola Papua untuk bisa mengawinkan medali emas PON dalam edisi kali ini.
 
Di sisi lain, Aceh mempunyai motivasi untuk mengalahkan Papua berlandaskan dendam baru dan lama yang juga sudah terjadi hampir dua dekade lalu.
 
Aceh sekali bertemu dengan Papua di gelaran PON Papua cabang olahraga sepak bola putra pada babak 6 besar Grup D dan kalah tipis dengan skor 0-1.
 
Bermain disiplin dan rapat menjaga pertahan, Aceh pada akhirnya harus mengakui keunggulan Papua setelah gelandang serang tim tuan rumah Samuel Gideon Balinsa berhasil mencetak gol.
 
Selain pertandingan ini, Aceh juga punya motivasi untuk membalaskan dendam generasi sebelumnya, tepatnya pada gelaran PON 1993.
 
Pada saat itu, tim sepak bola putra Aceh dan Papua berhasil melaju ke partai final namun pada akhirnya tim asal Bumi Cenderawasih berhasil menang dengan skor 6-3.
 
Patut ditunggu bagaimana permainan dari kedua tim di partai final PON Papua cabang olahraga sepak bola putra dan tim mana yang berhasil mewujudkan ambisi mereka.

Baca juga: Jelang final sepak bola putra, Papua akui pertahanan Aceh kuat
Baca juga: Ricky Ricardo semakin mantap pimpin daftar top skor PON Papua
Baca juga: Perjalanan tim sepak bola putra Papua dan Aceh ke final

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

TNI asal Pandeglang peraih medali emas di PON XX dipromosikan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar