Pembangunan Kampung Susun ini untuk mewujudkan hunian yang layak bagi warga
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembangunan Kampung Susun untuk warga Kampung Kunir, di Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, Kamis.

"Pembangunan Kampung Susun ini untuk mewujudkan hunian yang layak bagi warga Jakarta Barat, di Kelurahan Pinangsia," kata Anies Baswedan dalam sambutannya pada peresmian Kampung Susun. 

Menurut Anies Baswedan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berupaya memberikan warga mendapatkan hak untuk memiliki pemukiman yang layak. 

Kampung Susun itu disiapkan untuk ditempati oleh 33 kepala keluarga (KK) yang telah terdaftar dan layak mendapatkan hunian. Kampung Susun itu dibangun di lasan aset Pemerintah DKI Jakarta yang sebelumnya adalah Kantor Kecamatan Taman Sari, seluas 4.963 meter.

"Proses pembuangan Kampung Susun ini bermita dengan beberapa perusahaan swasta dan akan memakan waktu beberapa bulan," katanya.

Baca juga: Pembangunan Kampung Susun Akuarium berlanjut ke tahap berikutnya

Menurut Anies, bangunan Kampung Susun itu dirancang menjadi bangunan empat lantai dan dilengkapi ruang usaha warga, area komunal, serta galeri sejarah dan area displai situs arkeologi berupa penanda jejak tembok Kota Tua.

Konsep Kampung Susun, menurut Anies, untuk memancing adanya interaksi warga sehingga membuat komunitas menjadi lebih hidup. "Kami berterima kasih kepada tim yang sudah merancang tempat ini sesuai dengan setting lokasinya," katanya.

Lokasi Kampung Susun itu berada di samping sungai dan ada ruang bersama yang cukup luas. "Di lantai dasar juga ada ruang interaksi di selasar," kata Anies.

Anies berharap hunian ini bisa menjadi harapan baru masyarakat Pinangsia untuk mendapatkan hunian layak di ibu kota.

Baca juga: Anies pastikan pengelolaan Kampung Susun Cakung diserahkan ke warga
Baca juga: Pemprov DKI sepakati warga kelola Kampung Susun Akuarium

Pewarta: Walda Marison
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021