Legislator minta mahasiswa UBK Jakarta yang dapat KIP miliki komitmen

Legislator minta mahasiswa UBK Jakarta yang dapat KIP miliki komitmen

Anggota DPR Komisi X Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Putra Nababan didanpingi Rektor Universitas Bung Karno (UBK) Didik Suhariyanto (kedua kanan) dan Ketua Yayasan UBK Marhaendra Putra (kanan) menyalurkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah di Kampus UBK Jakarta, Kamis (14/10/2021). (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi X DPR RI Putra Nababan meminta mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK) Jakarta yang mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah memiliki komitmen mengejar prestasi.

"Jadi kita yang menerima beasiswa harus bangga dan punya komitmen untuk berprestasi di kampusnya, IPK-nya harus bagus, jangan salah Bung Karno itu orang cerdas dan luwes bergaul. Hal itu harus dijadikan teladan," kata Putra di Kampus UBK Jakarta, Kamis.

KIP Kuliah disalurkan di Aula Ir Soekarno UBK Jakarta kepada 85 mahasiswa. Putra Nababan  secara khusus mengundang para orang tua mahasiswa agar dapat mengetahui komitmen pihak kampus dan pemerintah dalam hal penyelenggaraan pendidikan selama pandemi.

"Program KIP Kuliah ini aspirasi masyarakat yang diperjuangkan penuh oleh DPR RI khususnya Komisi X yang membidangi pendidikan dengan dana yang diberikan disesuaikan dengan kondisi kota mahasiswa berada," ujarnya.

Besaran dana operasional tiap bulan yang dikirimkan disesuaikan dengan kotanya masing-masing untuk penyesuaian kebutuhan dari para mahasiswa di kota tersebut.

"Jadi antara mahasiswa di Jakarta dan daerah lainnya besaran uang operasional ya berbeda," ujarnya.

Baca juga: Yayasan Inspirasi gaet UBK salurkan beasiswa bagi pengangguran
Baca juga: 784 sarjana dan magister Universitas Bung Karno diwisuda


Putra juga berpesan bahwa pada saat pelaksanaan program belajar-mengajar secara tatap muka nanti para mahasiswa tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Nanti kalau sudah belajar tatap muka tetap terapkan prokes serta jangan lupa untuk mengikuti program vaksinasi agar Indonesia bisa segera pulih dari pandemi COVID-19," kata politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

Rektor UBK Didik Suhariyanto menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan keterlibatan Putra Nababan pada berbagai kegiatan di UBK yang memiliki kedekatan emosional melalui ayahnya, yakni Panda Nababan.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Ketua Yayasan UBK Marhaendra Putra bahwa Yayasan Pendidikan Soekarno sudah punya hubungan emosional yang panjang dengan Putra Nababan karena hubungan dua keluarga.

"Pak Putra ini anak dari Pak Panda Nababan yang cukup dekat dengan keluarga besar Bung Karno termasuk almarhumah ibu saya Rachmawati Soekarnoputri," katanya.

Marhaendra Putra menjelaskan, mahasiswa penerima beasiswa selain berprestasi secara akademik juga harus mampu membentuk karakter.

"Hal ini seperti ucapan Bung Karno, yakni 'brahmana' yang bermakna keimanan, 'satria' yang berarti sportif, 'ambek paramarto' atau dimaknai pintar memilih apa yang harus menjadi prioritas," katanya.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ini fokus Perpustakaan Nasional di era digital

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar