Wagub DKI minta selebgram punya kesadaran untuk jadi contoh

Wagub DKI minta selebgram punya kesadaran untuk jadi contoh

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan keterangan di Balai Kota Jakarta, Kamis (14/10/2021) malam. (ANTARA/Ricky Prayoga)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta para seleb dunia maya Instagram (selebgram) memiliki kesadaran untuk menjadi contoh yang baik bagi masyarakat, menyusul ulah selebgram Rachel Vennya yang kabur saat karantina di RSDC Pademangan.

"Tentu kami prihatin, kami harapkan dan meminta para selebgram bisa menjadi teladan bagi masyarakat," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Kamis malam.

Riza mewanti-wanti agar Rachel dapat menjaga sikap, karena dia meyakini perilakunya menjadi panutan bagi pengikutnya.

"Karena selebgram itu kan punya pengikut, followers yang banyak. Seharusnya jadi contoh bagi yang lain," tuturnya.

Lebih lanjut, politikus Gerindra itu mendukung setiap langkah hukum yang diambil aparat dalam mengusut tuntas kasus ini.

Berkaca dari kasus Rachel Vennya, Riza mengingatkan masyarakat untuk dapat mematuhi prosedur penanganan COVID-19.

"Kami menunggu apa yang menjadi kebijakan, nanti dari Kodam (pengelola RSDC) sedang dicek, diusut kembali persis dan sebagainya. Mari semua kita laksanakan protokol kesehatan sebaiknya," ucapnya.

Sebelumnya, selebgram Rachel Vennya kabur saat karantina di RSDC Pademangan menjadi sorotan publik dan polisi kini mulai mempelajari adanya dugaan pelanggaran pidana terkait kaburnya Rachel Vennya itu.

Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat mengatakan saat ini pihaknya memang belum mengambil langkah hukum dalam penanganan kasus tersebut dan masih melakukan analisis dan berkoordinasi dengan satgas.

"Kami kan masih lihat dulu apakah perlu buat model laporan model A atau masih dalam kapasitas satgas yang menangani," kata Ade.

Menurut Ade, sejauh ini pihaknya belum berencana mengundang Rachel Vennya ke Polda Metro Jaya untuk diklarifikasi dan masih mempelajari dan mengklarifikasi beberapa pihak terkait.

Baca juga: Polda Metro pelajari kasus kaburnya Rachel Vennya dari Wisma Atlet

Kodam Jaya telah mengonfirmasi bahwa Rachel Vennya kabur dari karantina dengan bantuan oknum TNI. Kodam Jaya akan menyerahkannya ke pihak kepolisian untuk melakukan penyelidikan terkait dugaan pelanggaran pidana Rachel Vennya.

Baca juga: Menkes: Selebgram langgar aturan karantina beri risiko ke publik

Rachel Vennya sendiri meminta maaf terkait kasus dugaan kabur dari karantina sepulang dari Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Menegakkan aturan dan pengawasan karantina COVID-19

"Aku mau minta maaf sama kalian semua atas semua kesalahan aku," tulis Rachel Vennya dalam Instagram Story-nya seperti dilihat, Kamis (14/10).

Dia mengatakan kadang dirinya menyakiti dan merugikan orang lain. Dia berharap hal buruk yang dilakukannya bisa menjadi pelajaran.

"Aku meminta maaf yang sebesar-besarnya dan semoga semua hal buruk yang pernah aku lakukan di hidup aku menjadi pelajaran buat aku, untuk selalu berpikir saat melangkah ke depan dengan baik," ucapnya.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wagub DKI apresiasi Reuni 212 tidak diadakan di Jakarta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar