Hutan lindung seluas 19,5 hektare terbakar di Aceh Tengah

Hutan lindung seluas 19,5 hektare terbakar di Aceh Tengah

Kebakaran hutan lindung di kawasan Desa Mendele Utung-Utung Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah, Kamis (14/10/2021). (ANTARA/HO-BPBD Aceh Tengah)

Banda Aceh (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebutkan sekitar 19,5 hektare kawasan hutan lindung hangus terbakar dalam sejumlah titik di wilayah Kabupaten Aceh Tengah dan perkirakan terus meluas.

Kepala Pelaksana BPBA Ilyas di Banda Aceh, Kamis mengatakan kebakaran hutan lindung itu terjadi di sejumlah titik di Desa Mendele Utung-Utung, Kecamatan Kebayakan, sekitar pukul 12.30 WIB.

"Informasi terakhir yang diterima Pusdalops BPBA bahwa api belum berhasil dipadamkan," kata Ilyas melalui Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) BPBA.

Menurut dia, BPBD Kabupaten Aceh Tengah juga mengerahkan dua unit armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman dan turut dibantu masyarakat setempat.

Namun, kata Ilyas, jarak tempuh dari posko induk ke lokasi kebakaran sekitar 8 kilometer. Kemudian sumber air juga jauh sehingga sedikit menyulitkan petugas dalam proses pemadaman.

"Untuk penyebab kebakaran ini masih dalam tahap penyelidikan," kata Ilyas.

Selanjutnya, kata dia, BPBA juga mendapatkan laporan kebakaran hutan seluas 4,5 hektare di Desa Kampung Paya Tugel, Kecamatan Jagong Jeget, Aceh Tengah, sekitar 13.15 WIB.

BPBD setempat juga telah mengerahkan personel sekaligus dua unit damkar untuk pemadaman, yang turut dibantu TNI-Polri beserta masyarakat.

Namun, katanya, untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak yang berwenang.

"Untuk kendala di lapangan jarak tempuh dari posko induk ke lokasi kejadian sekitar 4 kilometer, dan sumber air jauh. Kondisi terakhir, api juga belum berhasil dipadamkan," katanya.

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Membumikan Pancasila di Kampung Muslimin Aceh Barat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar