Jakarta (ANTARA) - Ganda putri Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto mengalahkan pasangan Thailand Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai 21-19, 15-21, 21-15 untuk mempertahankan peluang Tim Merah Putih tetap terbuka pada perempat final Piala Uber.

Siti Fadia/Ribka harus bermain selama satu jam 16 menit untuk menundukkan Puttita/Sapsiree dengan kemenangan rubber-game di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Jumat pagi WIB.

Tertinggal 2-4 pada awal gim pembuka, Siti Fadia/Ribka menghimpun tujuh poin beruntun untuk balik memimpin 9-4 dan unggul 11-7 saat interval.

Permainan ketat di paruh akhir gim pertama dapat diakhiri dengan kemenangan 21-19 oleh pasangan Indonesia dalam 22 menit.

Baca juga: Kegagalan Putri KW membuat Indonesia tertinggal 1-2 dari Thailand

Gim kedua menjadi milik pasangan Thailand yang setelah menyamakan kedudukan 5-5 melaju dengan tambahan lima poin beruntun dan tidak terkejar lagi. Mereka membuat kedudukan masing-masing satu gim dengan kemenangan 21-15.

Siti Fadia dan Ribka langsung merebut lima angka pertama pada gim penentuan untuk memimpin 5-0 dan mencapai interval dengan keunggulan 11-5.

Meski pasangan Thailand sempat mendekat hingga 9-11 namun ganda Indonesia berhasil terus menekan lawannya hingga mencapai 19-13. Beberapa kesalahan pasangan Indonesia memberi angka bagi lawan, namun Siti Fadia/Ribka akhirnya membukukan kemenangan 21-15 ketika pengembalian pasangan Thailand menyangkut di net.

Baca juga: Greysia/Apriyani samakan kedudukan bagi Indonesia 1-1 lawan Thailand

Kemenangan ganda kedua Indonesia ini mempertahankan harapan Tim Merah Putih tetap terbuka setelah kedudukan imbang 2-2.

Pertemuan pemain tunggal Ester Nurumi Tri Wardoyo dengan Phittayaporn Chaiwan akan menjadi partai penentu kemenangan bagi salah satu tim.

Sebelumnya tunggal putri peringkat 21 dunia Gregoria Mariska Tunjung gagal menyumbang angka setelah dikalahkan pemain nomor 10 dunia Pornpawee Chochuwong dalam drama tiga gim 21-14, 10-21, 10-21 selama lebih dari satu jam yang membuat Indonesia tertinggal 0-1.

Ganda putri nomor satu Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu membawa Tim Piala Uber Merah Putih menyamakan kedudukan 1-1 dengan kemenangan 21-17, 17-21, 21-19 atas Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai dalam durasi lebih dari satu setengah jam.

Kekalahan tunggal putri Putri Kusuma Wardani oleh Busanan Ongbamrungphan 9-21, 21-23 membuat Indonesia kembali tertinggal 1-2.

Pemenang pertandingan Indonesia melawan Thailand ini akan bertemu China pada semifinal setelah tim Negeri Tirai Bambu itu mengalahkan Taiwan 3-0.

Semifinal lainnya akan mempertemukan Jepang dan Korea Selatan setelah Jepang mengalahkan India 3-0 dan Korea menyisihkan tuan rumah Denmark juga 3-0.

Baca juga: Gregoria gagal sumbang angka, Indonesia tertinggal 0-1

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021