Padang (ANTARA News)- Tiga Gubernur serta puluhan tokoh menghadiri acara peluncuran Haluan Media Grup (HMG) yang didirikan oleh pengusaha asal Sumatera Barat, Basrizal Koto di Hotel Basko Padang, Sumatera Barat, Senin malam (14/2).

"Merupakan sebuah kehormatan bagi kami karena peluncuran Haluan Media Grup dihadiri langsung oleh tiga Gubernur, yaitu Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Gubernur Riau Rusli Zainal, serta Gubernur Kepulauan Riau, M Sani," kata CEO Haluan Media Grup, Basrizal Koto dalam sambutannya.

Haluan Media Grup merupakan induk usaha Basrizal Koto di bidang media terdiri dari harian Haluan Riau, harian Haluan Kepri, Harian Haluan serta Radio Smart FM Pekanbaru.

Menurut Basrizal Koto yang akrab disapa Basko usaha di bidang media telah dimulainya sejak 2000 dengan menerbitkan Harian Riau Mandiri di Pekanbaru dan pada 2001, harian Sijori Mandiri di Batam.

Sementara, Harian Haluan merupakan surat kabar pertama di Sumatera Tengah yang terbit pada 1 Mei 1948 didirikan oleh Kasoema dan Moenir Rahimi. Pada 1 Oktober 2010 Basko mendapat kepercayaan untuk meneruskan penerbitan harian Haluan di Padang yang merupakan salah satu koran tertua di Indonesia.

"Dan sejak 1 Januari 2011 saya memutuskan semua penerbitan dan media yang dimiliki disatukan di bawah bendera Haluan Media Grup," kata dia.

Direncanakan lanjut Basko, dalam waktu dekat pihaknya akan menerbitkan Haluan Jambi serta Haluan Aceh untuk kemudian dilanjutkan dengan Haluan Nasional yang berpusat di Jakarta.

Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Tarman Azzam yang hadir pada acara tersebut mengatakan persaingan di bidang media saat ini sangat keras, untuk bisa bertahan kuncinya adalah tim yang profesional.

"Jika sebuah media tidak profesional maka tidak akan dipercaya serta ditinggalkan oleh pembacanya," kata dia.

Sementara, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengapresiasi peluncuran Haluan Media Grup dan menyatakan salut terhadap Basko yang mau berinvestasi di Sumbar melalui Haluan Media Grup serta usaha lainnya.

"Disaat orang lain pergi meninggalkan Sumbar karena takut gempa, Basko justru masuk ke Sumbar dan mau menanamkan uangnya," kata dia.

Pada acara tersebut juga dilangsungkan pemutaran film perjalanan Haluan Media Grup serta dimeriahkan oleh penampilan kolaburasi penyair Taufik Ismail dengan maestro biola Idris Sardi.

Turut hadir pada acara tersebut, Istri Menteri Dalam Negeri, Vita Gamawan Fauzi, Anggota DPR RI daerah pemilihan Sumatera Barat, Nudirman Munir dan Refrizal, mantan Gubernur Sumbar, Azwar Anas dan Hasan Basri Durin, Pengurus DPP Partai Gerindra, Fadli Zon, Wakil Gubernur Sumbar, Muslim Kasim, Bupati dan Walikota se-Sumatera Barat serta ratusan undangan lainnya. (AH/B/A026/A026) 15-02-2011 01:45:14

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011