Jakarta (ANTARA) - Asisten Menteri Luar Negeri Qatar Lolwah Alkhater mengatakan, sekitar 100 pemain sepak bola Afghanistan dan keluarga mereka, termasuk di antara penumpang yang tiba dari Kabul dalam penerbangan baru-baru ini, dilansir Reuters, Jumat.

Taliban menguasai ibu kota Afghanistan pada 15 Agustus dan mengumumkan pemerintahan baru bulan lalu, setelah pasukan asing pimpinan AS mundur dan pemerintah yang didukung negara barat itu runtuh.

Media Inggris melaporkan, setidaknya 20 anggota tim putri Afghanistan termasuk di antara mereka yang berada dalam penerbangan itu, dan badan sepak bola dunia FIFA telah bekerja sama dengan pemerintah Qatar untuk mengoordinasikan upaya tersebut.

Baca juga: IOC bantu 100 anggota "komunitas Olimpiade" tinggalkan Afghanistan

Reuters telah meminta komentar dari FIFA.

"Penerbangan penumpang kedelapan dari Kabul baru saja tiba di Qatar," tulis Alkhater di Twitter, Kamis.

"Ini adalah penerbangan terbesar sejauh ini dengan 357 penumpang, dan untuk pertama kalinya kami memiliki warga dari Selandia Baru. Juga ada sekitar 100 pemain sepak bola dan keluarga mereka termasuk pemain putri di dalamnya."

FIFA pada Agustus lalu mengatakan, pihaknya telah merundingkan evakuasi pemain sepak bola dan atlet lain yang sangat menantang dari Afghanistan, menyusul pengambilalihan oleh Taliban.

Organisasi balap sepeda dunia (UCI) pada Senin mengatakan, mereka membantu untuk evakuasi 165 pengungsi dari Afghanistan, termasuk pebalap sepeda putri, jurnalis, dan juru kampanye hak asasi manusia.

Australia mengevakuasi lebih dari 50 atlet putri Afghanistan dan tanggungan mereka pada Agustus, sementara beberapa pemain dari tim nasional sepak bola remaja putri Afghanistan mendapat suaka di Portugal bulan lalu.

Baca juga: Atlet Afghanistan debut di Paralimpiade setelah lalui drama evakuasi
Baca juga: FIFA rundingkan rencana evakuasi atlet dari Afghanistan

Penerjemah: Gheovano Alfiqi/Fitri Supratiwi
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021