Wamenkes: Hari Cuci Tangan Sedunia momen sadar bangun lingkungan sehat

Wamenkes: Hari Cuci Tangan Sedunia momen sadar bangun lingkungan sehat

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono. (ANTARA/ Anita Permata Dewi)

saya mengingatkan bahwa akses terhadap air sanitasi dan kebersihan adalah hak asasi manusia
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan Hari Cuci Tangan Sedunia merupakan momen untuk meningkatkan kesadaran membangun lingkungan sehat guna mencegah penyakit infeksi melalui Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

"Melalui peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia tanggal 15 Oktober, saya mengingatkan bahwa akses terhadap air sanitasi dan kebersihan adalah hak asasi manusia," kata Dante dalam webinar bertajuk "Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia dan Pemberian Penghargaan STBM Tahun 2021" yang diikuti di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Cuci tangan pakai sabun tak hanya berlaku saat pandemi

Dia mengatakan melalui pendekatan Lima Pilar STBM, diharapkan mampu mengubah perilaku higienis dan sanitasi masyarakat menjadi lebih baik.

STBM menekankan kepada lima pilar perubahan perilaku higienis, yaitu stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum di rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Baca juga: PTM hari pertama di Jateng, Gubernur evaluasi antrean cuci tangan

Indonesia berkomitmen untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG's) poin ke-6 untuk memastikan akses air bersih untuk semua.

Hal ini mendukung pencapaian target SDG's lainnya yang mendukung penurunan stunting, penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Baca juga: Masyarakat ditantang buat video singkat cara cuci tangan

Dante menuturkan saat ini Indonesia masih berada dalam masa pandemi COVID-19. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat untuk memutus rantai penularan COVID-19, salah satu upaya yang dilakukan adalah 3M yang di antaranya terdapat cuci tangan pakai sabun (CTPS).

"Upaya ini perlu kita tingkatkan kembali," kata dia.

Baca juga: Wamenkes: Patuhi prokes agar kasus tidak kembali melonjak

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kemenkes akan dorong berbagai cara perluas vaksinasi lansia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar