Jayapura (ANTARA) - Gubernur Papua Lukas Enembe mengucapkan salam perpisahan seiring berakhirnya gelaran PON Papua 2021 dalam upacara penutupan yang digelar di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Jumat malam.

Lukas Enembe mengucapkan PON XX Papua 2021 berakhir seiring dengan acara penutupan dan akan bertemu lagi di gelaran PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 mendatang.

"Kita akan berpisah dari ufuk timur matahari terbit, Tanah Papua. Dan kita akan berjumpa lagi dalam PON XXI di ufuk barat matahari terbenam yaitu Aceh dan Sumatera Utara," ucap Lukas Enembe.

Selain mengucapkan salam perpisahan, Gubernur Lukas Enembe juga turut mengucapkan selamat kepada peraih juara umum gelaran PON XX Papua 2021, Jawa Barat.

Diharapkan keberhasilan Jawa Barat ini bisa menjadi cambuk bagi provinsi lain untuk meraih prestasi di gelaran PON berikutnya.

"Selamat kepada provinsi yang meraih juara umum pada PON XX Papua 2021, semoga prestasi itu bagi cambuk bagi provinsi lain pada pon berikutnya," ucap Lukas.

Pada PON XX Papua 2021 ini, kontingen Jawa Barat meraih gelar juara umum dan mempertahankan kedudukan sebagai juara bertahan dengan koleksi 133 medali emas, 105 medali perak, dan 115 perunggu.

Kontingen DKI Jakarta menempati posisi kedua dengan perolehan 110 medali emas, 91 medali perak, dan 100 perunggu. Posisi ketiga ditempati tim Jawa Timur yang mengumpulkan 110 emas, 89 perak, dan 88 perunggu.

Sementara, tim tuan rumah Papua mengoleksi 93 medali emas, 66 medali perak, dan 102 perunggu. Tim Papua menempati posisi keempat.

Baca juga: Lukas Enembe sebut kesuksesan PON Papua tepis keraguan banyak pihak
Baca juga: Ma'ruf Amin bangga dan terharu atas dedikasi rakyat Papua
Baca juga: Masyarakat tonton penutupan PON Papua di pinggir Jalan Sentani

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021