Piala Thomas Uber

Kemenangan Jojo bawa Indonesia melaju ke semifinal Piala Thomas

Kemenangan Jojo bawa Indonesia melaju ke semifinal Piala Thomas

Pebulu tangkis tunggal putra nasional Jonatan Christie bersiap menghadapi turnamen besar jelang akhir musim 2021 dengan menjalani fase pemulihan dan latihan di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Senin. (dokumentasi PP PBSI)

Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putra Jonatan Christie memetik kemenangan saat menghadapi wakil Malaysia Ng Tze Yong dan membawa Indonesia memimpin 3-0 atas tim Negeri Jiran tersebut pada laga perempat final Piala Thomas.

Dengan kemenangan tersebut, maka Indonesia dapat dipastikan lolos ke babak semifinal turnamen bulu tangkis beregu bergengsi itu.

Dalam pertarungan yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, pada Jumat malam WIB itu, Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie, menang lewat drama rubber game yang berujung dengan skor 14-21, 21-19, 21-16.

Baca juga: Permainan agresif kunci kemenangan Ginting atas Lee Zii Jia

Pada gim pertama, Jojo yang merupakan pemain peringkat ketujuh dunia itu banyak membuat kesalahan sendiri sejak awal, di antaranya bola-bola yang out dan smash yang mengenai net, sehingga ia banyak kehilangan poin.

Kesalahan-kesalahan yang kerap dibuat oleh Jojo itu pun dimanfaatkan oleh lawannya untuk memberikan tekanan. Jojo semakin tertekan, bahkan sempat tertinggal 4-13, dan permainannya jadi tidak teratur. Ia pun kehilangan gim pertama dengan skor awal 14-21.

Di gim kedua, permainan Jojo membaik. Ia tampil mendominasi sejak awal sampai akhir pertandingan. Lawannya pun tak sekalipun mampu menyamakan kedudukan. Dengan mulus, Jojo meraup poin-poin dan unggul 21-19 atas Yong.

Baca juga: Minions bawa Skuad Garuda ungguli Malaysia 2-0

Pada gim terakhir, persaingan antara kedua pemain itu bertambah sengit. Keduanya saling serang dan mengungguli satu sama lain sejak awal permainan. Jojo dan Yong sama kuat.

Namun setelah imbang 14-14, Jojo langsung merebut empat poin beruntun, sedangkan lawannya hanya menambah satu angka. Tak butuh waktu lebih lama, Jojo segera mengamankan poin-poin terakhir dan memenangkan laga tersebut dengan skor penutup 21-16.

Sebelumnya pada partai pembuka, pemain tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting menyumbang angka kemenangan pertama dengan menundukkan Lee Zii JIa dalam dua gim langsung dengan skor 21-15, 21-17.

Kemudian di partai kedua, ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo juga menyumbang angka lewat kemenangan rubber game 21-17, 16-21, 21-15 atas Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Baca juga: Indonesia optimistis hadapi Malaysia di perempat final Piala Thomas

Indonesia sebetulnya masih menyisakan dua wakil lainnya untuk partai perempat final, yakni ganda ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang akan menantang Goh Sze Fei/Nur Izzuddin, serta tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito yang akan bertarung melawan Leong Jun Hao.

Namun dengan kemenangan Indonesia 3-0 atas Malaysia, maka kedua pertandingan tersebut tidak perlu lagi dimainkan.

Selanjutnya pada babak semifinal Piala Thomas, Indonesia masih menunggu lawan yang akan dihadapi, yaitu antara Denmark atau India.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jojo ditaklukan wakil Denmark di perempat final Indonesia Masters 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar