Kemenag berharap tidak ada penularan COVID-19 pada STQ Nasional 2021

Kemenag berharap tidak ada penularan COVID-19 pada  STQ Nasional 2021

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Kamarudin Amin (kiri) menyerahkan piala bergilir STQ kepada Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba (kanan) di Sofifi, Jumat (15/10/2021). (ANTARA/Ikhwan Wahyudi)

Sofifi, Maluku Utara (ANTARA) - Kementerian Agama berharap tidak ada penularan COVID-19 dalam pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran Nasional XXVI di Maluku Utara pada 16-24 Oktober 2021.

"Presiden berpesan karena sekarang masih pandemi dan kegiatan ini mendatangkan banyak orang, pastikan tidak ada penularan COVID-19 dan mari berikhtiar menjaga protokol kesehatan semaksimal mungkin," kata Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Kamarudin Amin di Sofifi, Jumat malam, pada Malam Taaruf STQ Nasional 2021.

Dia mengatakan saat ini panitia penyelenggara telah membuat standar operasional prosedur yang begitu ketat dan berharap semua pihak bisa menjalankan dengan baik.

"Saya harus menyampaikan ini karena Pak Menteri Agam berkali-kali mengingatkan agar acara ini menaati protokol kesehatan," kata dia.

Ia mengemukakan pentingnya belajar dari pelaksanaan PON XX di Papua yang sempat ditemukan kasus COVID-19.

Baca juga: 1.700 orang akan hadiri STQ Nasional XXVI di Maluku Utara

Ia berharap, hal serupa tidak terjadi pada pelaksanaan STQ.

"Semoga berkat Al Quran hal yang sama tidak terjadi dan terjaga semuanya," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara menyiagakan 100 personel Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 di berbagai pintu masuk guna menekan penyebaran COVID-19 saat pelaksanaan STQN di Kota Sofifi.

"Pemkot Ternate telah menyiagakan personel ditempatkan di empat pintu masuk di Kota Ternate, yaitu Bandara Sultan Baabullah dan tiga pelabuhan," kata Koordinator Pendisiplinan dan Penegakan Hukum Prokes Satgas Penanganan COVID-19 Kota Ternate Abdullah Sadik.

Menurut dia, langkah ini sebagai upaya antisipasi penyebaran COVID-19 saat pelaksanaan STQ, karena Kota Ternate sebagai pintu masuk bagi daerah yang akan mengirimkan kontingen ke Maluku Utara.

Oleh sebab itu, menjelang pelaksanaan STQN XXVI, Satgas Penanganan COVID-19 Kota Ternate akan mengawal ketat pengawasan protokol kesehatan mengingat Kota Ternate menjadi pintu masuk provinsi ini.

Ia mengatakan pelaksanaan STQ nasional akan berlangsung di Kota Sofifi, namun Kota Ternate merupakan pintu utama masuknya peserta STQ dari seluruh provinsi di Indonesia ke Maluku Utara.

Baca juga: Mesjid raya Sofifi dijadikan tempat pelantikan dewan hakim
Baca juga: Untuk STQ nasional 2021, Malut siapkan infrastruktur dan kepanitiaan
Baca juga: Kemenag tinjau kesiapan STQ nasional di Sofifi

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Dukung STQ XXVI, Ganjar Pranowo disambut warga Ternate

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar