Warga apresiasi langkah Pemprov DKI tata Kampung Tanah Merah

Warga apresiasi langkah Pemprov DKI tata Kampung Tanah Merah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sertifikat IMB kawasan kepada perwakilan warga di Kampunh Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara, Sabtu (16/10/2021). ANTARA/Sihol Hasugian.

Jadi ini adalah bagian daripada keadilan sosial yang dilakukan oleh pak Gubernur
Jakarta (ANTARA) - Warga Kampung Tanah Merah menyampaikan apresiasi kepada Pemprov DKI Jakarta yang telah menata permukiman mereka  termasuk mendapat kepastian aspek legalitas lahan yang selama ini ditempati.

"Kami sangat bersyukur dan berterima makasih atas program-program penataan kampung, pemberian IMB, izin usaha mikro kecil (IUMK). Ini bagian daripada membangun ekonomi masyarakat," kata Pramudya, selaku perwakilan warga Kampung Tanah Merah di Koja, Sabtu.

Baca juga: Anies: Kampung Tanah Merah jadi contoh solusi pemenuhan hak dasar DKI

Menurut Pramudya, warga di kampung tersebut sebelumnya kerap mengalami kesulitan mendapat akses pelayanan di Ibu Kota karena selalu terbentur pada permasalahan legalitas tanah.

Namun, lanjutnya, harapan untuk mendapatkan pelayanan pada hari ini dapat terwujud berkat kebijakan Gubernur DKI Jakarta  Anies Baswedan melalui program penataan kampung.

Baca juga: Anies: IMB Kawasan Tanah Merah jadi yang pertama di Indonesia

"Alhamdulillah Pak Gubernur saat ini mencarikan solusi untuk warga Kampung Tanah Merah bagaimana sebagai salah satu warga di DKI ini diberikan kemudahan akses yang sama sebagai warga negara Indonesia," tuturnya.

"Jadi ini adalah bagian daripada keadilan sosial yang dilakukan oleh pak Gubernur. Ini kami mendapatkan pembangunan dari pemerintah izin resmi, baik itu IMB ataupun IUMK," katanya pula.

Hal senada juga disampaikan Herdayati penerima IMB kawasan sementara yang menyatakan bahwa langkah tersebut menjadi momen luar biasa bagi dirinya dan keluarga.

Baca juga: KTJ RW 02 Benhil ubah status zona COVID-19 dari merah menjadi kuning

Apalagi, kata dia, selama ini untuk mendapatkan IMB selalu terkendala.

"Kami selama ini dianggap yang terpinggirkan ini momen-momen sangat luar biasa karena hari ini kami menerima IMB," ungkapnya.

Adapun Pemprov DKI menata sejumlah infrastruktur di kawasan Kampung Tanah Merah  meliputi saluran air, jalan, drainase, jembatan, penerbitan surat izin mendirikan bangunan (IMB) berbentuk kawasan hingga jembatan pembangunan Jembatan Kali Betik.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuturkan penyediaan fasilitas tersebut merupakan harapan warga Jakarta yang menginginkan kebutuhan dasar yang layak.

Karena itu, lanjutnya, Pemprov DKI menyusun program untuk kebutuhan layak bagi warga, salah satunya infrastruktur di Kampung Tanah Merah ini.

"Alhamdulillah sekarang ini warga di Tanah Merah sudah mendapatkan air bersih lewat pipa untuk disalurkan ke rumah-rumah yang ada di Tanah Merah," ungkap Anies.

Anies berharap pembangunan infrastruktur yang saat ini masih berjalan akan tuntas dalam waktu sesuai target dan cakupannya bisa diperluas sehingga dapat menyentuh kebutuhan semua warga di wilayah tersebut.

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Hadiri Milad, Anies harapkan terobosan baru Muhammadiyah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar