Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin memuji pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang telah berjalan dengan sukses, aman, dan lancar.

Wapres pun memberikan apresiasi kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali.

“Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan yang luar biasa dari Kementerian Pemuda dan Olahraga,” kata Wapres Ma'ruf Amin dalam keterangan resmi yang diterima media di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Wapres mencatat PON XX Papua tidak mudah diselenggarakan

Selain itu, Wapres juga mengapresiasi kepada seluruh jurnalis atas kerja kerasnya dalam menyiarkan kegiatan PON Papua secara penuh, sehingga semakin memperkuat rasa saling memiliki, saling mempererat rasa persaudaraan sebagai bangsa yang besar dan bersatu.

“Ucapan terima kasih dan penghargaan tinggi secara khusus saya sampaikan kepada Gubernur Papua Lukas Enembe, selaku Ketua Panitia Nasional PON XX Papua 2021, atas keberhasilannya mewujudkan penyelenggaraan PON dengan baik, aman dan penuh prestasi,” ujar Wapres.

Wapres berharap, keberhasilan PON ini dapat dilanjutkan dengan penyelenggaraan Peparnas di Papua yang direncanakan akan dimulai pada November 2021.

Baca juga: Wapres: Papua tidak hanya kaya, tetapi juga penuh talenta

Lebih lanjut, Wapres menjelaskan bahwa penyelenggaraan PON Papua mencerminkan kuatnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Selain itu, juga membuktikan bahwa solidaritas, sportivitas, persatuan dan kesatuan merupakan kunci kesuksesan bersama.

“Ini harus selalu kita jaga dan rawat bersama. Torang semua bersodara. Kita semua bersaudara. Kepada seluruh atlet, ofisial, dan pendukung kontingen, saya ucapkan selamat atas pencapaian yang membanggakan, khususnya atas keberhasilan rekor PON sebelumnya,” pungkas Wapres.

PON Papua, 2-15 Oktober berlangsung di empat klaster yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke. Ada 37 cabang olahraga yang dipertandingkan dan Jawa Barat menjadi juara umum kejuaraan empat tahunan ini.

Baca juga: Wapres hadiri penutupan PON XX di Stadion Lukas Enembe

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021