Agen BRILink dan Teras BRI Kapal telah menjadi ujung tombak pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di wilayah Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi jejaring PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yakni Agen BRILink dan Teras BRI Kapal di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berdasarkan keterangan resmi BRI yang diterima di Jakarta, Minggu, Menteri Erick mengunjungi Teras BRI Kapal Bahtera Seva II, yang beroperasi di Kepulauan NTT.

Sedangkan Agen BRILink yang didatangi adalah toko kebutuhan pokok Alam Jaya milik Ahmad Makadau dan toko kebutuhan rumah tangga Kios Alias.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengapresiasi kunjungan Menteri BUMN.

"Agen BRILink dan Teras BRI Kapal telah menjadi ujung tombak pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di wilayah Indonesia," ujar Catur.

Catur pun berharap petugas di Teras Kapal BRI maupun Agen BRILink memiliki motivasi lebih dalam memajukan perekonomian di daerah karena potensi ekonomi Agen BRILink di Pulau Komodo yang cukup besar.

"Hingga akhir September 2021, tercatat BRI telah memiliki lebih dari 474 ribu Agen BRILink, dengan transaksi mencapai 656 juta transaksi atau tumbuh 28,2 persen (yoy) dan volume transaksi mencapai Rp824 triliun atau tumbuh 38,7 persen (yoy)," katanya.

Lebih lanjut, Catur mencontohkan kesuksesan Agen BRILink Ahmad Makadau yang telah menjadi Laku Pandai BRI sejak 2013. Agen BRILink yang terletak di Desa Komodo itu memiliki rata-rata transaksi hingga 133 kali per hari.

Demikian pula, Agen BRILink Alias tak kalah ramai usahanya. Agen, yang terletak di Pulau Komodo, Dusun I, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, ini bisa melayani rata-rata 215 transaksi per hari.

Dengan kemajuan usahanya, kedua Agen BRILink tersebut bahkan telah menjadi nasabah Kupedes BRI yang didorong untuk pengembangan usaha. Keduanya bisa mengakses pinjaman senilai Rp150 juta hingga Rp200 juta.

Adapun, Teras BRI Kapal Bahtera Seva II Labuan Bajo, merupakan salah satu dari empat fasilitas Teras BRI Kapal yang melayani masyarakat kepulauan di Tanah Air.

Tiga Teras Kapal BRI lainnya beroperasi di Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri; Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta; dan Halmahera Selatan, Kepulauan Maluku Utara.

Kehadiran Teras Kapal BRI tersebut diharapkan dapat memudahkan masyarakat di kawasan kepulauan dalam mengakses layanan perbankan.

Masyarakat dapat menikmati layanan jasa perbankan dari BRI melalui produk pinjaman Kupedes atau KUR, simpanan, dan jasa perbankan lainnya.

Hingga September 2021, Bahtera Seva II telah melayani nasabah pinjaman kepada 812 nasabah. Sementara untuk simpanan pada periode yang sama telah mencapai 3.164 rekening di wilayah kepulauan operasionalnya.

Teras BRI Kapal Bahtera Seva II beroperasi melayani masyarakat di Labuan Bajo, Longos, Boleng, Seraya Besar, Seraya Kecil, Messah, Kukusan, Rinca, Komodo, dan Papagaran.

Di sepuluh pulau tersebut terdapat sekitar 71.570 penduduk. Sementara, luas wilayah kerja Kapal Bahtera Seva II mencapai 1.300,09 km persegi.

Baca juga: BRI gelar Bazar Klaster Mantriku untuk kembangkan UMKM
Baca juga: BRI: Kolaborasi dengan fintech permudah pembayaran digital dan aman
Baca juga: Jaga pertumbuhan berkelanjutan, BRI lakukan tiga aksi korporasi besar


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021