Surabaya (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Timur berkomitmen melakukan persiapan lebih matang menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 yag dijadwalkan berlangsung di Sumatera Utara dan Aceh.

"Kami akan bekali dengan persiapan lebih matang agar prestasi bisa ditingkatkan. Tentunya kami akan sangat berharap Jatim bisa menjadi tuan rumah PON ke depannya," ujar Ketua Umum KONI Jatim Erlangga Satriagung dia dikonfirmasi di Surabaya, Minggu.

Erlangga dan rombongan kontingen Jatim terakhir tiba di Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo pada Sabtu (16/10) malam, dan disambut oleh Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono.

KONI, kata dia, berterima kasih kepada Pemprov Jatim yang telah memberikan perhatian luar biasa kepada atlet dan ofisial Jatim selama penyelanggaraan PON di Papua, 2-15 Oktober 2021.

Pada edisi PON kali ini, Jawa Barat kembali menjadi juara umum sehingga mengulangi kesuksesan pada PON 2016. Jawa Barat mengumpulkan 133 medali emas, 105 medali perak, dan 115 perunggu.

Baca juga: LaNyalla apresiasi perjuangan kontingen Jatim di PON Papua

Kontingen DKI Jakarta menempati posisi kedua dengan 110 medali emas, 91 medali perak, dan 100 medali perunggu. Kemudian, Jatim meraih 110 medali emas, 89 medali perak dan 88 medali perunggu.

Sedangkan, tuan rumah Papua finish urutan keempat dengan 93 medali emas, 66 medali perak, dan 102 perunggu.

Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono mengapresiasi prestasi dan totalitas serta sportivitas yang telah dijunjung tinggi oleh para atlet selama berlaga di PON XX.

"Terima kasih atas kerja keras dan totalitas mereka selama berlaga. Alhamdulillah, seluruh atlet yang kembali ke Jatim seluruhnya dalam keadaan sehat wal afiat," ucap dia.

Menurut Heru, serangkaian penyambutan tersebut merupakan perhatian khusus yang diberikan Pemprov Jatim kepada para atlet atas perjuangannya berlaga.

Ke depan, mantan Bupati Tulungagung tersebut berharap prestasi dan capaian membanggakan yang telah diraih bisa terus dipertahankan, bahkan lebih ditingkatkan.

PON XX Papua dibuka 2 Oktober 2021 oleh Presiden Joko Widodo, dan telah ditutup oleh Wakil Presiden Maruf Amin pada 15 Oktober 2021.

Baca juga: Gempita arek Jatim dukung PON di Tanah Papua

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021