Perluasan Bandara Jambi Selesai 2012

Jambi (ANTARA News) - Perluasan Bandara Sultan Thaha Jambi yang dimulai tahun ini ditargetkan sudah selesai pada 2012, kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Tri Sunoko, di Jambi, Kamis.

"Pada tahun ini sudah dimulai pembangunannya, dan kita sudah menandatangani kesepakatan bersama pemerintah daerah Jambi," ujar Tri Sunoko.

Dia memperkirakan, perluasan akan menelan dana hingga Rp430 miliar yang berasal dari dana APBN, APBD serta PT Angkasa Pura II.

Dia menjelaskan, dana dari Angkasa Pura II berkisar Rp200 miliar dan dari APBD dan APBN berkisar Rp230 miliar. Namun, pihaknya belum menghitung rincian secara keseluruhan.

Pembagiannya, Angkasa Pura II akan mengerjakan perluasan terminal keberangkatan dan kedatangan penumpang. Rencananya, pengembangan terminal akan dilaksanakan dalam tiga tahap.

Tahap pertama, akan fokus pada pengembangan terminal menjadi seluas 6.000 meter persegi dan melengkapinya dengan dua garbarata. Setelah itu, pengembangan memasuki tahap kedua, yakni terminal akan diperluas menjadi 9.000 meter persegi.

Selanjutnya, tahap ketiga, Angkasa Pura bakal memperluas terminal menjadi 12.000 meter persegi. Selain terminal bandara, Angkasa Pura juga akan memperpanjang landasan pacu dari 2.220 meter menjadi 2.600 meter. Lebar landasan pun bakal ditambah dari 30 meter menjadi 45 meter.

Sementara dana APBD akan diperuntukkan membuat "grand design runway" atau landasan pacu, ruang VIP, dan apron (tempat parkir pesawat). Untuk fisik landasan pacu akan dikerjakan menggunakan dana APBN, berikut juga pemindahan tower.

Ketika selesai, bandara ini akan mempunyai fasilitas lengkap berstandar internasional. Misalnya, seperti lahan parkir yang luas, apron, terminal, runway yang panjang dan beberapa fasilitas lainnya. Apalagi, tambahnya, hal ini sudah mendapat dukungan penuh dari Gubernur Jambi.

Sejauh ini, yang menjadi kendala terhambatnya pembangunan karena ada perencanaan yang belum singkron. Jadi, jika pembangunan dilakukan saat itu maka terminalnya akan terganggu. "Lahan parkir pesawatnya juga terganggu jika dipaksakan saat itu," ungkapnya.

Pada 2011 ini, diperkirakan pekerjaan sudah hampir mencapai setengahnya tuntas. Namun dia tidak bisa memastikan apa yang akan selesai di tahun ini. Sebab pengembangan bandara ini dilakukan secara bertahap. Soal Amdal juga pernah menjadi kendala dan menurut Tri sudah dituntaskan. Amdal ini sudah selesai dibuat sesuai aturan yang berlaku.

Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus, mengatakan, pembangunan ini akan dimulai pada awal 2011 ini. Saat ini, bandara tersebut sudah mulai dibuat jalan untuk pengembangan. Dipastikan dalam perjanjian, pengembangan ini tunas pada akhir 2012. "Kita sudah tanda tangani kesepakatan perjanjiannya. Akhir 2012 tuntas," ungkap Gubernur.

Gubernur bahkan ditantang oleh Dirut Angkasa Pura II untuk penyelesaian pengembangan ini. "Mereka janji akan menyelesaikan pada 2012, dan menantang kita dengan menanyakan kesiapan pemerintah. Saya jawab, Ok, siap kenapa tidak siap. Ini prestise bagi kita," katanya.

(KR-YJ/M012/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Perluasan PPKM Level IV di luar Pulau Jawa & Bali

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar