BPBD: Kebakaran lahan gambut di Aceh Barat 100 persen sudah padam

BPBD: Kebakaran lahan gambut di Aceh Barat 100 persen sudah padam

Petugas BPBD Aceh Barat melakukan pendinginan dan penyiraman air di lokasi kebakaran lahan gambut di kawasan Desa Peunaga Cut, Kecamatan Meureubo, Ahad (17/10/2021). (ANTARA/HO-Dok. BPBD Aceh Barat)

Sampai saat ini sudah padam total
Aceh Barat (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat memastikan kebakaran lahan gambut di dua lokasi, masing-masing di Desa Seuneubok Kecamatan Johan Pahlawan, dan Desa Peunaga Cut Kecamatan Meureubo, seluruhnya atau 100 persen sudah berhasil dipadamkan.

“Sampai saat ini sudah padam total,” kata petugas Pusat Pengendalian Data Operasi (Pusdalops) BPBD Aceh Barat Asrajuddin di Meulaboh, Aceh Barat, Ahad.

Baca juga: Lahan gambut seluas 20 hektare terbakar di Nagan Raya Aceh

Meski sudah dinyatakan padam secara total, pihaknya masih terus melakukan pemantauan di lokasi kebakaran guna memastikan tidak ada lagi titik api yang muncul.

Asrajuddin mengakui upaya pemadaman di dua lokasi terpisah di Aceh Barat tersebut sejak sepekan terakhir mengalami kendala, di antaranya terbatasnya sumber air di lokasi kebakaran.

Baca juga: BPBD sulit padamkan kebakaran lahan gambut di Aceh Barat

Baca juga: Lahan gambut terbakar di Aceh Barat bertambah menjadi 2,2 hektare


Selain itu, teriknya matahari dan kencangnya tiupan angin menyebabkan upaya pemadaman yang dilakukan petugas BPBD, TNI, Polri, relawan RAPI dan masyarakat juga ikut terganggu.

Dengan tidak ditemukannya lagi api di lokasi lahan gambut, seluruh petugas pemadam kebakaran saat ini sudah ditarik ke posko dan tidak berada lagi di lokasi.

Namun, pihaknya masih terus melakukan pemantauan dan tetap mewaspadai terhadap kemungkinan adanya titik api yang bisa saja muncul, apabila panasnya cuaca di siang hari, demikian Asrajuddin.

Baca juga: Dua hektare lahan gambut di Aceh Barat terbakar

Baca juga: Tiga hektare lahan gambut di perbatasan Aceh Jaya-Aceh Barat terbakar

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden ajak ulama Aceh jaga persatuan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar