"Changjin" jadi film terbesar ketiga sepanjang masa di China

"Changjin" jadi film terbesar ketiga sepanjang masa di China

Film "The Battle at Lake Changjin". ANTARA/China Film Co.

Jakarta (ANTARA) - "The Battle at Lake Changjin" menjadi salah satu dari tiga film teratas sepanjang masa di China setelah mendominasi box office China daratan untuk tiga kali berturut-turut selama akhir pekan, dilansir Variety pada Senin. 

Menurut data dari konsultan Artisan Gateway, film perang patriotik ini menghasilkan 73 juta dolar AS pada Jumat hingga Minggu. Secara total "Changjin" memperoleh 769 juta dolar sejak dirilis pada 30 September

Di tempat kedua, "My Country, My Parents" memperoleh 14,6 juta dolar dan memiliki total mendapatkan sebesar 210 juta dolar.

Film ini sudah menjadi film terbesar keempat dalam sejarah Tiongkok. Pemasok layar teater raksasa, Imax mengatakan bahwa dari film tersebut mendapat 2,7 juta dolar sehingga total menjadi 34,6 juta dolar dan ini merupakan skor tertinggi keempat dari film non-bahasa Inggris.

Baca juga: "Venom: Let There Be Carnage" rambah ke puncak box office

Agen tiket China Maoyan memperkirakan bahwa "Changjin" akan mencapai angka 843 juta dolar selama masa tayangnya. Jika benar, maka film ini akan menyalip "Hai, Mom" di posisi kedua.

Urutan pertama pada film terbesar sepanjang masa di China adalah "Wolf Warriors II" yang dirilis tahun 2017. Film perang ini menghasilkan 882 juta dolar.

Sementara itu, pada box office akhir pekan China, posisi ketiga disinggahi oleh "The Curse of Turandot", sebuah drama China yang menceritakan kembali opera Puccini yang dibuat dengan pemain dan kru internasional.

Film ini disutradarai oleh Zheng Xiaolong dan dibintangi oleh Sophie Marceau dan Vincent Perez dari Prancis, Dylan Sprouse dari AS dan Collin Chou dari Taiwan, bersama dengan Guan Xiaotong dari Tiongkok sebagai peran utama, dan anggota girl grup Tiongkok Lin Siyi. "The Curse of Turandot" menghasilkan 2,3 juta selama akhir pekan.

Skor itu sedikit lebih baik dibandingkan dengan "Saturday Fiction" yang berada di urutan keempat. Kisah spionase yang dibintangi Gong Li ini tayang perdana pada Venesia pada 2019 serta mengikuti beberapa festival luar negeri termasuk Toronto, El Gouna dan Singapura.

Tempat kelima selama akhir pekan milik Maoyan Pictures adalh "Knock, Knock" dengan pembukaan 1,2 juta dolar.

Baca juga: Kalah dari "Shang-Chi", "Dear Evan Hansen" posisi kedua di box office

Baca juga: Debut "Halloween Kills" cetak Rp709 miliar di box office

Baca juga: "No Time To Die" cetak Rp796 miliar di box office Amerika

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar