TMA di Pintu Air Manggarai Jakarta masih normal

TMA di Pintu Air Manggarai Jakarta masih normal

Pos Pemantau Pintu Air Manggarai mencatat tinggi muka air masih berada pada level 646 cm atau berstatus normal Siaga 4 pada Senin siang. ANTARA/Dokumentasi Pribadi.

Jakarta (ANTARA) - Pos Pemantau Pintu Air Manggarai Jakarta Selatan mencatat tinggi muka air (TMA) masih berada pada level 646 cm atau berstatus normal pada Senin pukul 13.50 WIB.

Kepala Satuan Pelaksana UPK Badan Air Jakarta Pusat, Fakhri Andhiko, menjelaskan, berdasarkan data Posko Banjir Sumber Daya Air (SDA) Jakarta, tinggi muka air di Pintu Air Manggarai tersebut masih normal meskipun mengalami peningkatan.

"TMA di Pintu Manggarai masih normal. Kalau masih di level 600-an cm itu masih aman. Di Katulampa Bogor juga masih Siaga 4," kata Fakhri saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Fakhri menjelaskan, hujan yang turun sejak Senin dini hari hingga siang perlu diwaspadai seluruh wilayah, tidak hanya Pintu Air Manggarai saja, tetapi juga ke wilayah Jakarta Timur, seperti Kali Sunter, Kali Cipinang, dan Kali Baru Timur.

Baca juga: Hingga Selasa petang, Pintu Air Manggarai masih normal

Hingga saat ini, ketinggian muka air di pintu air tersebut masih berada dalam batas normal.

Hanya saja, wilayah Utara, seperti Pintu Air Flusing Ancol, Marina Ancol, dan Pompa Pasar Ikan, saat ini berstatus Siaga 3. "Kita antisipasi semua wilayah. Apalagi di Utara sudah memasuki Siaga 3," katanya.

Sementara itu, volume sampah yang diangkut dari Pintu Air Manggarai juga masih normal, sekitar  dua truk ukuran kecil.

Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, Senin, potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang melanda di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat hingga sore hari.

Baca juga: Anies: Curah hujan ekstrem penyebab banjir Jakarta
Baca juga: Anies berharap penanganan banjir di Jakarta selesai 6 jam

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Riza Harahap
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Berada di 750 cm, ketinggian pintu air Manggarai berangsur normal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar