Kupang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur memberikan apresiasi kepada 89 atlet NTT yang berlaga di PON XX Papua berupa bonus yang totalnya mencapai Rp6,5 miliar.

"Yang perlu dicatat bahwa bonus atau apresiasi yang diberikan ini bukan karena kehormatan sudah mendapatkan medali, tetapi sebauh kehormatan terhadap proses karena disiplin dan konsistensi dari seorang atlet," kata Gubernur NTT Viktor B Laiskodat di Kupang, Senin.

Hal itu disampaikannya saat menerima kedatangan kontingen PON XX Papua Provinsi NTT di Aula El Tari Kupang.

Baca juga: NTT catat perolehan 24 medali di PON XX Papua 

Orang nomor satu di NTT itu mengatakan bonus tersebut akan diberikan kepada 45 atlet yang mendapatkan medali, baik emas, perunggu maupun perak dari berbagai cabang olahraga dalam turnamen empat tahunan itu. 

"Jadi, semua yang mendapatkan medali akan mendapatkan rumah juga, selain uang tunai yang akan diberikan kepada masing-masing atlet," ujar Viktor.

Politisi Nasdem itu melanjutkan untuk peraih medali emas masing-masing akan mendapatkan uang tunai senilai Rp200 juta dan ditambah dengan satu unit rumah.

Kemudian, peraih medali perak mendapatkan bonus Rp150 juta serta ditambah satu unit rumah, sementara peraih medali perunggu mendapatkan sebesar Rp100 juta dan ditambah satu unit rumah.

Total atlet NTT yang mendapatkan medali sebanyak 45 orang, dengan rincian lima peraih medali emas, 23 pemenang medali perak dan tujuh peraih medali perunggu. 

"Lalu yang tidak dapat medali juga kita berikan bonus, masing-masing atlet Rp50 juta," tutur Viktor.

Baca juga: BRI Kupang beri apresiasi atlet NTT peraih medali pada PON XX Papua 

Sementara itu, Ketua Kontingen NTT di PON XX Papua sekaligus Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi mengatakan atlet beregu, di antaranya kempo beregu dan kriket juga akan mendapatkan bonus. 

"Jadi, nanti semuanya dapat bonus. Contohnya, kriket ada 14 orang, maka 14 orang atlet itu akan mendapat bonus uang tunai Rp150 juta serta satu unit rumah," ungkap Josef.

Ia pun mengungkapkan bonus tersebut merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada para atlet karena sudah berjuang. 

"Tentunya ini kita berikan sebagai apresiasi, dan kita harapkan di tahun berikutnya bisa lebih berprestasi," tambah Josef. 

Baca juga: Wagub NTT pastikan ada hadiah untuk atlet peraih medali PON Papua 
Baca juga: Anggota DPRD sesalkan atlet NTT peraih emas PON dijemput mobil pick up 

 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021