Jakarta (ANTARA) - Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Edwin Nurhadi berharap penyelenggaraan pameran produk dan layanan jasa Keuangan FinEXPO BIK 2021 dapat mempermudah masyarakat mengakses seluruh produk dan layanan jasa keuangan.

"Berbagai macam promo, diskon, hadiah, dan lain-lain, silakan dimanfaatkan sebaiknya. Digunakan dan terus dimanfaatkan selama kegiatan FinEXPO BIK 2021," Kmata Edwin dalam talkshow virtual pembukaan FinEXPO BIK 2021 yang dipantau di Jakarta, Senin.

Dalam pameran produk dan layanan jasa keuangan yang merupakan bagian dari perhelatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2021 ini, menurut Edwin, masyarakat juga bisa mempelajari tentang produk dan layanan jasa keuangan melalui webinar.

"Banyak sekali webinar edukasi dan literasi keuangan. Bisa tinggal diklik dan ditonton untuk menambah pengetahuan tentang keuangan," katanya.

Baca juga: OJK resmi buka pameran jasa keuangan, berlangsung hingga 2 November

Oleh karena itu diharapkan penyelenggaraan FinEXPO BIK 2021 dapat meningkatkan literasi keuangan nasional yang baru mencapai 38 persen pada 2019. Masyarakat pun bisa mengakses FinEXPO BIK 2021 secara gratis melalui www.finexpo-bik2021

"Ini bisa mendukung dan mendorong pemahaman masyarakat untuk lebih meningkatkan literasi. Harapannya di survey tahun depan, nilai literasi keuangan kita akan semakin meningkat," kata Edwin.

Di samping itu, tingkat inklusi keuangan juga diharapkan dapat terakselerasi hingga mencapai target 90 persen pada 2024 dari 76 persen pada 2019.

FinEXPO BIK 2021 juga diharapkan dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional dari dampak COVID-19.

"Jadi kalau masyarakat mencoba FinEXPO BIK 2021, ramai-ramai mengunjungi website dan bertransaksi, ini akan meningkatkan aktivitas perekonomian dan akan mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional. Jadi itu harapan kami," ucapnya.

Baca juga: Ketua OJK minta pinjol resmi beri bunga lebih murah

Baca juga: OJK: Tren restrukturisasi kredit perbankan terus melandai

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2021