Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memastikan Indonesia siap menggelar World Superbike di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Nusa Tenggara Barat dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Menkominfo Johnny, melalui keterangannya pada Senin, meyakini bahwa World Superbike akan memacu pemulihan sektor pariwisata di Nusa Tenggara Barat pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

Hal ini, lanjutnya, juga menjadi bukti pada dunia bahwa Indonesia bisa menggelar ajang prestisius sekelas MotoGP.

"Indonesia siap menggelar World Superbike pada 19 November 2021 sampai dengan 20 November 2021. Ajang ini menjadi pembuktian bagi kita untuk membuktikan bahwa Indonesia bisa menggelar ajang prestisius dengan tetap menjaga penerapan protokol kesehatan dengan baik,"
kata Menkominfo.

Lebih lanjut, ia memaparkan, berbagai pembangunan infrastruktur seperti lokasi sirkuit, pelabuhan, fasilitas bandara, terminal, pelabuhan, serta tempat wisata siap menerima kunjungan wisatawan dengan mengedepankan standar CHSE (bersih, sehat, aman dan kelestarian lingkungan).

"Infrastruktur sirkuit juga sudah siap 100 persen dan saat ini tengah fokus ke penyelesaian fasilitas pendukung sirkuit, seperti Pit Building, Paddock, fasilitas kesehatan, dan Race Control Building. Pembangunan fasilitas pendukung ditargetkan rampung akhir Oktober 2021," ujarnya.

Tidak hanya pembangunan fisik, Menteri Johnny menyebut pemerintah juga mengedepankan unsur estetika.

Pagelaran tersebut juga menyuguhkan pemandangan alam perbukitan dan panorama laut biru yang akan menjadi daya tarik bagi peserta dan pengunjung. Sirkuit internasional yang representatif untuk ajang internasional ini akan mendorong Indonesia di mata dunia.

Menkominfo juga menekankan, berbagai strategi di sektor pariwisata pun telah dan terus digencarkan untuk mencegah potensi penularan COVID-19. Hal itu dilakukan, di antaranya dengan percepatan vaksinasi dan pembentukan Satgas COVID-19 di tiap area.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI per 17 Oktober 2021, cakupan vaksinasi di NTB khususnya Kab. Lombok Tengah yang menjadi tuan rumah World Superbike telah mencapai 66,77 persen untuk dosis pertama dan 14,71 persen untuk dosis kedua. Artinya, tak lama lagi target menuju 70 persen, atau kekebalan kelompok dapat tercapai.

Tak hanya itu, pemerintah juga memberikan beragam pelatihan kepada pelaku usaha wisata di Mandalika dan sekitarnya.

Hal ini juga diiringi dengan pengawalan dan bimbingan kurasi terhadap produk ekonomi kreatif yang dapat mendukung pelaksanaan World Superbike.

Baca juga: Jelang World Superbike Bypass Mandalika rampung, tinggal dirapihkan

Baca juga: PLN pastikan listrik tanpa kedip di ajang World Superbike dan MotoGP

Baca juga: Menko Airlangga: Pembelian tiket World Superbike dibuka 18 Oktober

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021