Tokyo (ANTARA) - Dolar melemah di dekat bagian bawah kisaran baru-baru ini terhadap mata uang utama lainnya di perdagangan Asia pada Selasa pagi, terpukul mundur oleh data pabrik AS yang suram semalam dan spekulasi pasar atas normalisasi kebijakan moneter yang lebih cepat di negara lain.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang lainnya, melemah 0,05 persen menjadi 93,894 dari sehari sebelumnya. Indeks telah terombang-ambing selama tiga minggu terakhir antara 93,671 dan tertinggi satu tahun di 94,563, yang dicapai Selasa lalu (12/10/2021).

Namun selama seminggu terakhir, trennya lebih rendah, dengan pengurangan stimulus Federal Reserve pada awal bulan depan sudah diperhitungkan, bersama dengan kenaikan suku bunga pertama tahun depan.

Pemulihan sentimen risiko juga membebani mata uang safe-haven AS.

Di tempat lain, Gubernur bank sentral Inggris (BoE) Andrew Bailey mengirim sinyal baru untuk kenaikan suku bunga Inggris lebih awal dengan mengatakan pada Minggu (17/10/2021) bahwa bank sentral akan "harus bertindak" untuk melawan meningkatnya risiko inflasi.

Di Selandia Baru, taruhan untuk normalisasi kebijakan yang lebih cepat dipicu pada Senin (18/10/2021) oleh data yang menunjukkan inflasi harga konsumen tercepat dalam lebih dari satu dekade.

Inggris dan Selandia Baru memimpin kenaikan imbal hasil obligasi jangka pendek secara global, dengan suku bunga di Eropa dan Australia naik relatif lebih tinggi daripada di AS, menekan dolar.

"Perasaan bahwa inflasi 'sementara' akan bertahan lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya telah menjadi katalis utama" karena "pasar mengkalibrasi ulang ekspektasi kenaikan suku bunga di sebagian besar yurisdiksi," tulis ahli strategi Westpac dalam sebuah catatan penelitian.

Namun, AS kemungkinan akan terisolasi oleh hambatan pasar energi yang "menimbulkan kesuraman berkelanjutan atas prospek rebound di Eropa dan China," yang "akan membuat spread hasil di ujung depan terus melayang menguntungkan dolar AS," kata mereka, menambahkan bahwa kemunduran dalam indeks dolar akan dibatasi hingga 93,70.

Namun, Westpac tetap bullish tentang dolar kiwi Selandia Baru - yang bukan bagian dari indeks dolar - menargetkan kenaikan ke 0,74 dolar AS pada akhir tahun, dan merekomendasikan untuk membeli saat penurunan berapa pun ke 0,6985 dolar AS.

Kiwi menguat 0,11 persen menjadi 0,7093 dolar AS, merayap kembali ke level tertinggi satu bulan di 0,7105 dolar AS yang dicapai pada Senin (18/10/2021).

Dolar Aussie naik 0,09 persen menjadi 0,74225 dolar AS, mendekati level tertinggi lebih dari satu bulan di 0,7440 dolar AS yang disentuh pada akhir pekan lalu, bahkan setelah risalah pertemuan bank sentral Australia September menunjukkan pada Selasa bahwa pembuat kebijakan khawatir kebijakan yang lebih ketat dapat membahayakan pasar tenaga kerja.

Sterling menguat 0,13 persen menjadi 1,37455 dolar, mendekati puncak satu bulan pada Jumat (15/10/2021) di 1,3773 dolar AS. Euro naik 0,09 persen menjadi 1,16205 dolar AS, mendekati tertinggi kisaran perdagangan bulan ini.

Terhadap safe-haven yen, dolar sedikit berubah pada 114,275, tetapi tidak jauh dari tertinggi hampir tiga tahun di 114,47 yang disentuh pada Jumat (15/10/2021).

Produksi manufaktur AS terpukul karena kekurangan semikonduktor global yang berkelanjutan menekan produksi kendaraan bermotor, memberikan bukti lebih lanjut bahwa kendala pasokan menghambat pertumbuhan ekonomi.

"Perkiraan dolar AS kuat kami yang diterbitkan pada awal Juli mencerminkan - antara lain - kinerja ekonomi AS yang lebih baik, tetapi pendorong dolar AS mungkin berubah," tulis ahli strategi Commonwealth Bank of Australia Joseph Capurso dalam catatan klien.

Lonjakan inflasi global dan suku bunga dapat mendukung dolar AS sebagai tempat yang aman jika suku bunga jangka pendek diperhitungkan dalam siklus pengetatan moneter global yang begitu kuat, sehingga memaksa ekuitas untuk terkoreksi lebih rendah, dengan bukti skenario yang mungkin terlihat di penurunan dolar AS/yen dan dolar Australia/yen, katanya.

Baca juga: Emas jatuh lagi 2,6 dolar tertekan kenaikan imbal hasil obligasi AS
Baca juga: Minyak mundur setelah data pabrik AS memicu kekhawatiran permintaan
Baca juga: Wall St beragam, S&P dan Nasdaq dapat dukungan emiten teknologi besar

 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021