Jakarta (ANTARA) - PT Zebra Nusantara Tbk (ZBRA) menjalin kerjasama dengan LX International yang sebelumnya dikenal dengan nama LG International dari LG Group untuk membantu konsolidasi aktivitas logistik LX International di dalam ekosistemnya.

Direktur ZBRA Gary Tanoesoedibjo mengatakan kolaborasi tersebut diharapkan bisa memberikan dampak bisnis yang strategis bagi kedua belah pihak. Zebra Nusantara melalui DNR akan memberi dukungan kepada LX International dengan membantu konsolidasi semua kegiatan logistik dan distribusi yang ada, serta juga pengembangan bisnis ke depan.

"Dipilihnya DNR sebagai mitra bisnis yang strategis oleh LX, tentunya menjadi prospek bisnis yang menjanjikan. Kami memiliki jaringan logistik yang tersebar secara merata di seluruh Indonesia," ujar Gary dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Pada kegiatan operasionalnya, DNR ditopang oleh infrastruktur logistik yang terdiri dari 47 gudang di seluruh provinsi yang dapat menjangkau daerah-daerah hingga ke pelosok negeri.

Selain memiliki infrastruktur logistik yang dapat mencakup seluruh daerah di nusantara, lanjut Gary, infrastruktur logistik tersebut juga telah terintegrasi secara digital untuk membantu pertumbuhan e-commerce.

Gary menilai dengan penandatanganan kerja sama bisnis antara ZBRA dengan LX International tersebut semakin memberikan sinyal positif terhadap perkembangan bisnis dari ZBRA sebagai induk utama dari DNR beserta dengan unit-unit usahanya.

"Penandatanganan kerja sama ini tentunya menjadi momentum yang baik bagi DNR maupun ZBRA sebagai core business yang menaungi DNR secara keseluruhan," kata Gary.

ZBRA berhasil menumbuhkan angka penjualan hingga 30.000 persen pada kuartal III 2021 jika dilihat berdasarkan basis tahunan atau year on year (yoy). Penjualan dari ZBRA berada di angka Rp2,7 triliun dibandingkan tahun sebelumnya di angka Rp8,8 miliar .

Lebih lanjut, ZBRA dapat mencatatkan angka laba kotor mencapai Rp395 miliar dibandingkan tahun sebelumnya Rp1,3 miliar.

"Ini menjadi harapan bagi DNR dan juga bagi ZBRA sendiri. Dengan adanya peningkatan angka sales hingga 30.000 persen dan sekarang kami menjajaki kerja sama bisnis dengan LX International, kami berharap proyeksi arah bisnis dari transformasi baru dari ZBRA ini akan membuka prospek bisnis yang lebih strategis kedepannya," ujar Gary.

Baca juga: INSA: Kelangkaan kontainer pengaruhi rantai pasokan logistik di KTI
Baca juga: Industri logistik meningkat selama pandemi
Baca juga: Pengusaha manfaatkan teknologi optimalkan layanan jasa logistik

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021