Jakarta (ANTARA) - Dalam rangka perayaan Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada 16 Oktober, PT Frisian Flag Indonesia (FFI) bersama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart) menyerahkan produk donasi berupa 100 ribu kotak susu cair anak Frisian Flag Milky kepada Foodbank of Indonesia (FOI) sebagai mitra penyalur.

"Kegiatan ini menjadi bagian dari komitmen kami dalam memberikan akses terhadap produk pangan bergizi baik, kepada lebih banyak anak-anak Indonesia," kata
Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia Andrew F. Saputro dalam siaran pers menambahkan bahwa ke depan bentuk kemitraan seperti ini dapat terus berjalan.

"Kolaborasi merupakan salah satu kunci dalam upaya mewujudkan visi dan misi perusahaan, yang nantinya dapat terwujud keluarga Indonesia yang sehat, sejahtera dan selaras," katanya.

Produk donasi tersebut merupakan hasil dari partisipasi masyarakat pada program Beli 3 Sumbang 1 periode 16 Juli – 15 Agustus 2021 lalu, yang nantinya akan diberikan kepada anak-anak yang membutuhkan di 17 daerah di Indonesia.

Baca juga: Frisian Flag Indonesia pastikan ketersediaan produk saat pandemi

Sementara itu, Corporate Communication GM Alfamart Nur Rachman menyampaikan apresiasinya kepada FFI sebagai mitra program donasi dan FOI sebagai mitra penyalur.

"Kami berharap bantuan yang diberikan dapat menyasar ke komunitas-komunitas dan daerah yang membutuhkan, seperti Indonesia bagian timur," kata Nur Rachman.

CEO Foodbank of Indonesia Hendro Utomo mengatakan, survei FOI pada 2020 yang dilakukan di 12 kota /kabupaten mencatat 1 dari 3 anak berada dalam kondisi perut kosong atau dalam kondisi lapar tersembunyi (hidden hunger) selama jam sekolah, bahkan di daerah miskin padat penduduk di perkotaan angkanya bisa mencapai 40-50 persen.

"Situasi pandemi ini memberi kesedihan terutama bagi orang yang rentan, khususnya pada keterbatasan akses pangan. Bulan Oktober ini merupakan bulan yang cukup penting bagi kami, yaitu adanya momen peringatan Hari Pangan Sedunia yang jatuh setiap tanggal 16 Oktober. Pasalnya, pangan adalah hak dasar manusia yang harus dipenuhi dengan layak, termasuk akses pangan bagi anak-anak," kata Hendro mengapresiasi FFI dan Alfamart yang telah memberikan kepercayaan kepada FOI untuk membantu menyalurkan sumber gizi yang baik.

Dia berharap aksi serupa dapat diduplikasi dan diteladani oleh lebih banyak pihak untuk dampak yang lebih luas.

Selain melalui kolaborasi dengan Alfamart dan FOI, komitmen FFI untuk memberikan akses pangan bergizi baik pada masyarakat juga diwujudkan melalui kehadiran produk siap minum yang lebih sehat. Mengawali tahun 2021, FFI menghadirkan produk dengan logo ‘Pilihan Lebih Sehat’ pada rangkaian produk susu cair Purefarm dalam berbagai ukuran dan rasa. Inisiatif ini kemudian dilanjutkan dengan kehadiran logo ‘Pilihan Lebih Sehat’ pada produk susu cair anak Frisian Flag Milky yang diperkenalkan pada momen Hari Anak Nasional pada Juli lalu.

Kehadiran logo ‘Pilihan Lebih Sehat’ pada produk Frisian Flag Milky menjadi bentuk implementasi dari komitmen FFI untuk meningkatkan status dan literasi gizi anak Indonesia. Karena cukup dengan melihat centang hijau di kemasan, anak dengan mudah dapat mengenali produk Frisian Flag Milky sebagai pilihan yang lebih sehat.

Baca juga: Frisian Flag hadirkan sedotan kertas demi kurangi sampah plastik

Baca juga: FrieslandCampina rayakan hari jadi 150 tahun

Baca juga: Akademisi: Produk kesehatan paling dicari warga saat pandemi COVID-19

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021