Bitung (ANTARA News) - Pada 2011 kota Bitung masuk kawasan percontohan menuju kota minapolitan yang menjamin berbagai aspek kehidupan, kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Bitung, Hengky Wowor, Minggu.

Minapolitan adalah konsep pembangunan kelautan dan perikanan berbasis wilayah dengan pendekatan dan sistem manajemen kawasan dengan prinsip integrasi, efisiensi, kualitas, dan akselerasi.

"Dibandingkan daerah-daerah lain yang ada di Sulawesi Utara, bahkan daerah di Indonesia, Kota Bitung sudah memasuki kawasan percontohan menuju kawasan atau Kota Minapolitan," ujar Wowor.

Dia mengatakan, untuk mencapai kawasan minapolitan, syarat utamanya harus memiliki rencana induk yang merupakan zona inti mempercepat pembangunan.

"Jika zona inti ini terealisasi, secara otomatis akan ada bantuan dari kementerian pusat, karena syarat tersebut sebagai tolak ukur meningkatkan percepatan ekonomi yang ada di Bitung," katanya.

Kota Bitung sudah ditetapkan sebagai kawasan minapolitan ke dalam tiga kecamatan yaitu Kecamatan Lembeh Utara, Lembeh Selatan dan Kecamatan Aertembaga.(*)

A034/Z002

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011