Saham Hong Kong ditutup melonjak, terkerek saham raksasa teknologi

Saham Hong Kong ditutup melonjak, terkerek saham raksasa teknologi

Ilustrasi - Seorang pejalan kaki melihat layar pergerakan perdagangan saham Indeks Hang Seng di Hong Kong, China. ANTARA/REUTERS/Bobby Yip/am.

Hong Kong (ANTARA) - Saham-saham Hong Kong berakhir pada level tertinggi lima minggu pada perdagangan Selasa, didorong oleh raksasa teknologi yang mengikuti reli Wall Street semalam, dengan platform video Bilibili Inc memimpin kenaikan.

Indikator utama Bursa Efek Hong Kong, Indeks Hang Seng (HSI) melonjak 1,49 persen atau 377,46 poin menjadi ditutup pada 25.787,21 poin, sedangkan Indeks China Enterprises naik terangkat 1,84 persen atau 164,67 poin menjadi 9.136,07 poin.

Indeks teknologi Hang Seng melonjak lebih dari 3,0 persen, mengikuti reli Wall Street yang didorong oleh raksasa teknologi, dengan Bilibili memimpin kenaikan, melambung 12 persen.

Raksasa e-commerce Alibaba Group menambahkan 1,2 persen. Perusahaan mengatakan pada Selasa bahwa mereka telah mengembangkan prosesor yang akan digunakan untuk memberi daya pada server di pusat datanya.

Baca juga: Saham Hong Kong ditutup jatuh, terseret penurunan saham teknologi

Pembuat smartphone Xiaomi Corp melonjak 5,4 persen, gtop gainer intraday kedua pada indeks acuan Hang Seng.

Chief Executive Officer Xiaomi Lei Jun mengatakan pembuat smartphone China itu akan memproduksi mobilnya sendiri secara massal pada paruh pertama tahun 2024, kata juru bicara perusahaan pada Selasa.

Sub-indeks pelacakan saham keuangan terangkat 1,4 persen, kebutuhan pokok konsumen naik 2,3 persen, dan sub-indeks perawatan kesehatan naik 2,0 persen.

China Evergrande Group telah membayar kupon obligasi dalam negeri yang jatuh tempo pada Selasa, empat orang yang mengetahui masalah tersebut mengatakan, di tengah kekhawatiran tentang kemungkinan gagal bayar luar negeri oleh pengembang yang kekurangan uang akhir pekan ini.

Saham perusahaan properti dan energi masing-masing turun 0,2 persen dan 0,5 persen.

Baca juga: Saham Jepang ditutup naik, Indeks Nikkei menguat 0,65 persen

Baca juga: Saham Australia ditutup melemah, Indeks ASX 200 merosot 0,08 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Waskita Karya jual saham tol di Sumut ke investor Hong Kong Rp824 miliar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar