Produk UMKM diminta gabung dalam wadah koperasi

Produk UMKM diminta gabung dalam wadah koperasi

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki. ANTARA/HO-Humas Kemenkop UKM.

Dengan bergabung ke dalam wadah koperasi diyakini dapat mencapai skala ekonomi yang lebih tinggi karena produk UMKM tersebut bisa terbantu melalui berbagai promosi sehingga bisa meningkatkan permintaan dan tentunya pendapatan
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MekopUKM) Teten Masduki meminta pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bergabung ke dalam wadah koperasi untuk memasarkan produknya.

"Dengan bergabung ke dalam wadah koperasi diyakini dapat mencapai skala ekonomi yang lebih tinggi karena produk UMKM tersebut bisa terbantu melalui berbagai promosi sehingga bisa meningkatkan permintaan dan tentunya pendapatan para pelaku usahanya pun bisa bertambah," katanya di sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Selasa, (19/10).

Menurut Teten, keberadaan koperasi bagi pelaku UMKM sangat penting karena memiliki peran sebagai konsolidator, agregator sekaligus offtaker dari produk-produk UMKM. Sehingga para pelaku UMKM akan terbantu dalam berbagai hal tidak hanya sebatas promosi dan penjualan saja.

Keuntungan lainnya yang bisa didapat jika bergabung ke koperasi seperti mempermudah menembus ke berbagai akses pembiayaan (pinjaman modal usaha), pelatihan pelaku usaha hingga pengembangan produk serta usaha.

Maka dari itu, para pelaku UMKM jangan dibiarkan menjalankan atau mengembangkan usahanya sendiri-sendiri tetapi koperasi harus merangkul mereka untuk dijadikan anggotanya atau pelaku usaha bisa mendaftar untuk menjadi anggota maupun pelaku UMKM membentuk koperasi.

Lanjut dia, fungsi koperasi tentunya sangat penting dalam mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat. Namun demikian, ia pun mengingatkan agar koperasi mulai dari anggota hingga strukturnya selalu aktif dan rutin menggelar rapat anggota tahunan (RAT) dan mempunyai kegiatan rutin lainnya seperti promosi dan pelatihan.

Tidak hanya itu saja, jajaran koperasi harus bisa mengembangkan setiap potensi produk UMKM yang dihasilkan setiap anggotanya sehingga usahanya semakin berkembang serta memberikan edukasi agar produk yang dihasilkan bisa dengan mudah diserap pasar.

Selain itu, kerjasama antarkoperasi harus dilakukan dengan tujuan bisa berbagi informasi, manfaat, produk dan lain sebagainya. Dengan demikian, pelaku UMKM apalagi yang baru merintis usahanya bisa terbantu yang juga harus dibarengi dengan berbagai inovasi dan kreatifitas.

"Koperasi bisa membantu produk UMKM mencapai skala ekonomi yang lebih baik salah satunya meningkatkan nilai jualnya. Untuk itu tugas kami adalah membangun ekosistem koperasi agar bisa berkembang. Hingga nantinya bisa menembus ke akses pembiayaan, pengembangan usaha, hingga pasar," tambah Teten.

Baca juga: Menkop UKM Teten berencana integrasikan koperasi petani dengan bank
Baca juga: Menteri Teten siapkan peran baru untuk LPDB-KUMKM
Baca juga: Pandemi, Teten ingin koperasi dan UMKM jadi sentra pemulihan ekonomi

 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Hoaks Atau Benar - Warga DKI dilarang keluar di atas pukul 19.00? Gereja Katedral gelar ibadah tatap muka saat PPKM?

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar